Mohon tunggu...
Tipung Muljoko
Tipung Muljoko Mohon Tunggu... Menebar keberkahan

Seorang kepala keluarga, seorang karyawan, seorang sahabat yg pingin belajar dan berbuat kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Karir

Teknik Lolos Interview

5 Februari 2021   15:53 Diperbarui: 5 Februari 2021   16:20 51 2 0 Mohon Tunggu...

Setelah lamaran kerja yang dibuat mampu memikat perusahaan, maka biasanya yang akan dihadapi adalah panggilan untuk melakukan interview dengan pengambil keputusan di perusahaan.

Saat interview inilah menjadi moment yang tepat dan menguntungkan bagi kita untuk dapat menjual diri kita dan menampilkan potensi terbaik yang kita punya sesuai dengan tuntutan pekerjaan yang kita lamar.

Banyak factor yang akan menentukan kesuksesan dalam menghadapi interview ini. Secara simple ada 2 hal yang menjadi dasar kesuksesan dalam interview ini yaitu factor PERCAYA DIRI dan factor KESIAPAN.

Bagaimana kita bisa memenuhi 2 faktor tersebut?

Terdapat beberapa teknik yang bisa kita lakukan dan akan coba diuraikan secara ringkas kali ini.

PERCAYA DIRI

Agar kita bisa percaya diri untuk hadir dan mengikuti proses interview maka kita harus mengelola aspek fisik dan aspek psikologi kita.

Aspek fisik yang harus diperhatikan Antara lain kebersihan diri, bau badan, kesesuaian pakaian dan hal hal lain yang nampak secara pandangan mata. Aspek fisik ini bukan berarti kita harus tampil dan berdandan seperti model yang berjalan di panggung atau memakai sesuatu yang berlebihan dan menonjol sampai terlihat aneh, namun aspek fisik yang perlu mendapatkan perhatian adalah bagaimana menampilkan diri kita (pakaian dan asesoris lainnya) seolah seolah kita sudah siap memulai bekerja pada hari itu. Hal ini penting agar kita mampu menempatkan diri secara proporsional dan mampu memberi kesan professional dan menarik empati dan simpati dari pihak yang melakukan wawancara.

Termasuk dalam aspek fisik ini yang perlu mendapatkan perhatian adalah penggunaan parfum. Upayakan menggunakan parfum yang soft dan tidak mengganggu lingkungan kerja, dan hindari juga munculnya bau badan akibat keringat yang berlebihan saat proses menunggu giliran interview. Inilah pentingnya kita hadir lebih awal dari jadual interview yang telah ditentukan, sehingga kita bisa punya cukup waktu untuk mempersiapkan diri dan penampilan kita sebelum bertemu dengan pihak yang akan menginterview kita.

Intinya adalah kita harus mampu membuat orang lain terpesona pada pandangan pertama dan terpesona atas tampilan profesional kita.

Setelah aspek fisik sudah mampu kita penuhi dengan sebaik baiknya maka pintu untuk sukses dalam interview semakin terbuka lebar dan kita tinggal butuh satu langkah lagi yaitu KESIAPAN DIRI.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN