Mohon tunggu...
Timothy Ethelbert
Timothy Ethelbert Mohon Tunggu... A Passionate Human Resource Specialist in Training, Development and Recruitment

* Born in Jakarta, 30 September 1994 * Certified Public Speaker (CPS) by OHR * Certified Trainer (CT) by OHR * Associate Trainer of Motivator Academy

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Belajar Kesuksesan dari Tanaman Padi

9 Februari 2017   21:51 Diperbarui: 9 Februari 2017   22:04 1810 0 0 Mohon Tunggu...

Ilmu pengetahuan merupakan bagian tak terpisahkan dalam kehidupan ini. Banyak orang yang bersekolah dengan tujuan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Tak sedikit banyak pula yang cita-cita untuk menyelesaikan pendidikan mereka sampai kepada jenjang tertinggi.

Tidak ada salahnya dengan keinginan dan cita-cita untuk memiliki wawasan yang luas. Ilmu pengetahuan adalah hal yang sangatlah bermanfaat dalam hidup ini, namun seringkali anda dan saya menemui orang-orang yang menyalah gunakan ilmu pengetahuan tersebut untuk keangkuhan diri dan menyombongkan diri.

Setiap kita haruslah mengetahui filosofi tentang tanaman padi. Tanaman padi yang ada di sawah-sawah para petani mula-mula selalu berwarna hijau. Kemudian selang berjalan waktu padi tersebut akan bertumbuh semakin tinggi dan tinggi sampai mulai menguning. Dalam keadaan semakin menguning, postur tanaman padi ini semakin lama semakin merunduk. Ada beberapa hal yang dapat kita pelajari dari tanaman padi ini.

  1. Hijau melambangkan jiwa seseorang yang masih kecil atau kekanak-kanakan  -  Jiwa setiap manusia haruslah terus bertumbuh dewasa hari ke harinya. Di saat anda masih "hijau" di saat itulah waktu yang sangat tepat bagi anda dan saya untuk terus menambah ilmu dan wawasan. Seperti padi, sekalipun masih hijau namun setiap harinya selalu ada pertumbuhan meskipun dalam keadaan baik dan kurang baik. Hama selalu ada dalam setiap pertumbuhan. Hal inilah yang membuat pertumbuhan terasa semakin menarik.
  2. Menguning melambangkan kematangan seseorang  -  Kematangan seseorang diukur dari berapa banyak rintangan yang sudah dihadapi. Semakin banyak rintanagan yang sudah dihadapi maka tingkat kedewasaan emosial, tindakan, perilaku, respon dll pasti menjadi lebih matang. Karakter yang dewasa sangatlah penting di kehidupan masyarakat dewasa ini. Tanpa kedewasaan yang sejati, sulit bagi seseorang untuk sukses. Hanya orang yang sudah dewasa secara mental, perilaku dan tindakanlah yang dapat mengecap kesuksesan.
  3. Semakin menguning semakin merunduk  -  Artinya semakin dewasa dan berwawasan seseorang, maka semakin rendah hati dalam berlaku di masyarakat saat ini.

Kunci utama dari filosofi ilmu padi adalah pada point nomor 3. Mari kita sama-sama belajar menjadi pribadi yang rendah hati dan berwawasan tinggi dengan kedewasaan mental yang matang dalam mengarungi proses menuju kesuksesan ini.

Terima Kasih

Salam Sukses

Timothy Ethelbert

Ngobrol bersama saya?

Instagram : timothyethelbert

Facebook : Timothy Ethelbert

Website : timothyethelbert.com

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x