Mohon tunggu...
Timothy Ethelbert
Timothy Ethelbert Mohon Tunggu... A Passionate Human Resource Specialist in Training, Development and Recruitment

* Born in Jakarta, 30 September 1994 * Certified Public Speaker (CPS) by OHR * Certified Trainer (CT) by OHR * Associate Trainer of Motivator Academy

Selanjutnya

Tutup

Muda

Sulit untuk Mau Belajar? Ini Jawabannya!

6 Januari 2017   19:44 Diperbarui: 31 Januari 2017   10:40 481 0 0 Mohon Tunggu...

Kehidupan keseharian manusia tidak terlepas dari suatu proses. Setiap proses membentuk manusia menjadi pribadi semakin hari semakin baik. Jalan menuju kesuksesan dipenuhi dengan berbagai halangan dan rintangan. Keledai tidak akan jatuh ke lobang yang sama untuk kedua kalinya. Seharusnya begitupun manusia, setiap kesalahan dan kejatuhan yang di alami harusnya tidak perlu di alami lagi untuk kedua kalinya.

Manusia memiliki kekuatan utama dalam kehidupan ini yaitu kemampuan untuk belajar. Beragam tipe pembelajaran pasti akan dialami oleh manusia mulai dari buku, perkataan orang lain sampai pengalamannya sendiri. Belajar adalah hal yang pasti dan wajib dilakukan serta dialami setiap manusia.

Setiap manusia harus belajar dalam segala hal. Saya teringat pernah melihat seorang pemuda yang ada di dalam bus yang penuh sesak. Untuk berdiri sudah sulit dan kebetulan sekali pemuda ini mendapat tempat duduk. Saat duduk, di tengah himpitan orang banyak, pemuda tersebut menyempatkan diri untuk membuka sebuha buku dan memegang sebuah pulpen untuk mulai membaca buku tersebut. Pemuda tersebut terus melakukan hal ini sampai tiba di tujuan akhirnya. Sampai detik ini saya tidak mengetahui nama pemuda ini tetapi setelah melihat hal tersebut, hal itu cukup menginspirasi saya.

Kesuksesan adalah hasil pembelajaran dari berbagai macam kegagalan dan rintangan. Dalam belajar dibutuhkan suatu usaha yang luar biasa. Tidak mudah untuk menumbuh "rasa ingin belajar" ini. Berikut adalah kiat-kiat sederhana bagaimana caranya menumbuhkan "rasa ingin belajar" dalam diri anda :

  1. Bermimpi hal-hal besar  -  Orang yang mau berkembang adalah orang yang mempunyai mimpi. Mimpi tersebut akan menginspirasi anda untuk mulai ingin mencari tahu bagaimana caranya meraih mimpi tersebut.
  2. Melakukan keseharian hidup di luar zona nyaman  -  Tidak ada mimpi yang terlalu besar. Yang ada adalah manusia yang seringkali malas untuk belajar sehingga mimpi tersebut menjadi mustahil tercapai. Mulai keluar dari zona nyaman anda dan dobrak segala keterbatasan anda.
  3. Bergaul dengan lingkungan yang tepat  -  Lingkungan atau pergaulan yang tepat akan membawa anda naik. Teman yang tepat akan membawa anda melewati gunung masalah sedangkan teman yang salah akan membuat anda diam di tempat bahkan mundur ke belakang. Relasi yang anda miliki saat ini akan menentukan menjadi apa nanti ke depannya. Rasa ingin belajar muncul di lingkungan orang-orang yang selalu mengembangkan dirinya dan tidak hanya puas di titik saat ini. Carilah orang-orang yang seperti ini maka pengembangan diri anda akan maksimal.

 Jaya Setiabudi pernah berkata,"Mungkin perjalanan kita tidak sempurna, tapi pembelajaran kita yang sempurna". Pembelajaran yang sempurna akan membuahkan hasil yang tidak akan pernah anda duga sebelumnya.

Terima Kasih

Salam Sukses

Timothy Ethelbert

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x