Mohon tunggu...
Padika
Padika Mohon Tunggu... youtube.com/c/kedaipolitikindonesia

Petani separuh hati dan penulis recehan youtube.com/c/kedaipolitikindonesia

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Sepatu Kotor Jokowi dan EFEKTIVITAS Kerja...Kerja...Kerja

9 Oktober 2019   08:59 Diperbarui: 11 Oktober 2019   07:55 493 7 2 Mohon Tunggu...
Sepatu Kotor Jokowi dan EFEKTIVITAS Kerja...Kerja...Kerja
Sepatu kotor Presiden Jokowi [eramuslim.com]

Suatu ketika kelak, bolehlah Presiden Jokowi dianugerahi predikat duta sepatu nasional. Baru di masa beliau sepatu terangkat statusnya, menjadi printilan penting urusan memimpin negara dan pemerintahan. Dalam banyak kesempatan lawatan kerja, sepatu presiden turut jadi bahan berita dan gunjingan di media sosial.

Kiranya sepatu di era Jokowi hadir dengan dua fungsi pokok. Yang pertama ia alat mempromosikan semangat cinta produk dalam negeri. Di antara sepatu-sepatu presiden Jokowi yang masuk pemberitaan, paling banyak merupakan produk dalam negeri. Itu bagus.

Yang kedua, sepatu sepertinya sudah jadi simbol rezim kerja...kerja...kerja, presiden yang bersedia terjun lapangan untuk mengonfirmasi laporan para anak buah yang mungkin lebih banyak manisnya.

Itu sebabnya, sepatu Jokowi yang kerap muncul dalam pemberitaan adalah sepatu olahraga, sepatu kets yang sporty. Orang-orang yang biasa turun ke lapangan tentu lebih senang mengenakan sepatu demikian dibandingkan sepatu kulit mengkilap milik pejabat gaya lama.

Pada masa kemarin-kemarin, sepatu Jokowi menghadirkan publikasi positif. Orang-orang senang, juga terharu melihatnya. "Lihatlah presiden kita, itu," kata mereka sembari meng-klik ikon jempol di pojok tautan pada facebook atau me-retwit postingan serupa di twitter.

Tetapi tak ada kampanye yang tak lekang waktu, tak kenal musim. Gaya kampanye yang efektif di hari kemarin, mungkin saja mengundang bosan hari ini. Apalagi jika harapan publik sudah naik lebih tinggi.

Hal ini yang mungkin kurang awas dipertimbangkan Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung ketika tempo hari mengunggah foto sepatu kotor presiden dan sejumlah menteri sepulang menengok kawasan hutan terbakar.

Pak Menteri bermaksud baik. Ia ingin memberi tahu rakyat, lihat nih, Presiden Jokowi dan jajaran menterinya tidak tutup mata terhadap bencana kebakaran hutan di sejumlah provinsi. 

Tingginya kepedulian presiden dibuktikan dengan terbang langsung ke salah satu lokasi bencana, ikut masuk ke kawasan yang terbakar. Buktinya adalah sepatu presiden dan menteri-menteri dalam rombongan menjadi kotor oleh abu bakaran. Foto sepatu kotor presiden dan menteri-menteri itu Pak Pramono foto dan unggah ke media sosial.

Sayangnya, foto itu ramai mengundang tanggapan yang banyak pula negatifnya. Bukan cuma politisi Gerindra seperti Pak Fadli Zon dan Pak Andrew Rosiade, seperti yang sudah kita maklumi, yang memberi tanggapan menyakitkan hati. Warganet juga banyak yang melontarkan komentar tak enak dibaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN