Tilaria Padika
Tilaria Padika Petani

Artikel sejarah - ekonomi - politik - sosial budaya Twitter: @tilariapadika | surel: tilaria.padika@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hukum Pilihan

Maryam Sharif, Si Bintang Baru yang Terbanting

10 Juli 2018   09:27 Diperbarui: 10 Juli 2018   10:47 659 6 3
Maryam Sharif, Si Bintang Baru yang Terbanting
Maryam Sharif [diolah dari facebook.com/Maryam.Nawaz36]

Pada 2017, BBC memasukkannya ke dalam daftar 100 perempuan putri presiden atau perdana menteri yang paling berpengaruh. Meski sudah sejak 2016 namanya disebut dalam Panama Papers terkait kepemilikan aset apartemen mewah di London yang diduga hasil gratifikasi, tiada yang menduga sinar bintang baru ini akan sedemikian cepat meredup.

Maryam Nawaz berusia 45 tahun pada Oktober 2018 ini. Ia baru 7 tahun berkecimpung dalam dunia politik, terhitung sejak menjadi anggota PMN-L pada 2011 untuk membantu ayahnya.

Setelah kembali dari pembuangan di Arab Saudi dalam pemerintahan diktator militer Jenderal Pervez Musharraf, Nawaz Sharif kembali menjadi politisi berpengaruh.

Saat itu Nawas Syarif, ayah Maryam menghadapi kebangkitan politik kaum muda yang dipimpin Imran Khan, pesaing Nawas Syarif. 

Maryam membantu ayahnya mengorganisasikan dukungan kaum muda di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi. 

Pada 2013 Maryam salah satu manajer kampanye pemilihan kembali Nawas Syarif. Sukses. Nawas terpilih kembali. Maryam segera mendapat tempat istimewa di PML-N dan pemerintahan.

Di pemerintahan, Maryam Sharif ditunjuk sebagai ketua program kaum muda kantor Perdana Menteri. Melalui jabatan itu, Maryam bertanggungjawab atas program pinjaman tanpa bunga kepada kaum muda untuk membangun kewirausahaan, sekaligus menggalang opini dan dukungan kaum muda terhadap pemerintahan Nawas Sharif. Sayangnya jabatan itu hanya dipeluknya selama setahun. Pada November 2014, partai oposisi menuntutnya mundur karena ketidakcakapan.

Pada 2016, nama Maryam dan dua saudara lelakinya tersebut dalam bocoran Panama Papers terkait aset apartemen mewah di London milik keluarga Sharif yang tidak jelas asal-usulnya. Diduga, aset itu dibeli dari hasil korupsi dan gratifikasi.

Baca Juga: 11 Kesamaan Terpidana Korupsi Rita Widyasari dan Nawaz Sharif


Diterpa pemberitaan terkait panama papers, sinar Maryam tak segera redup. Ia tetap rising star yang diramalkan akan menggantikan ayahnya dalam dunia politik Pakistan.

Pada 2017, BBC memasukkan Maryam ke dalam daftar 100 perempuan putri presiden atau perdana menter yang paling berpengaruh.

Maryam diramalkan akan meraih dukungan besar rakyat Paskistan dalam Pemilu parlemen yang digelar 25 Juli ini dan mempertahankan kejayaan PML-N yang berada dalam tekanan sejak Mahkamah Agung memberhentikan Nawaz Sharif dari jabatan perdana menteri dan mencabut hak politik Nawaz.

Sayangnya, sejarah memilihkan jalan lain bagi Maryam. Pada 6 Juli 2018, Pengadilan Tipikor Pakistan memvonis Maryam 7 tahun penjara terkait Avenvield Case, kepemilikan 4 apartemen mewah keluarga Sharif di pusat kota London yang tidak bisa dibuktikan kesahan asal-usulnya.

Tampaknya pendar Maryam si bintang baru politik Pakistan segera memudar. Halaman Maryam Sharif di Wikipedia sudah diblok dalam beberapa hari ini sebab seseorang mengedit keterangan profilnya sebagai "politisi dan kriminal."

"Life is hard, Papa" kata Anakku melihat jumlah subscribers Youtube saya tak bertambah. Baiknya saya pinjam kalimat itu untuk meneguhkan Kak Maryam.

Sumber:

BBC (17/02/2017) "Maryam Sharif: Pakistan's next political star?" BBC.com/news/world-asia-38880759

The Express Tribune (22/11/2013) "Maryam Nawaz appointed chairperson of PM's Youth Programme." Tribune.com.pk/story/635497/maryam-nawaz-appointed-chairperson-of-pms-youth-programme/

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2