Mohon tunggu...
Runtunan.id
Runtunan.id Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis artikel

"Makin aku banyak membaca, makin aku banyak berpikir; makin aku banyak belajar, makin aku sadar bahwa aku tak mengetahui apa pun."

Selanjutnya

Tutup

Cryptocurrency Pilihan

Industri NFT Terpukul dengan Biaya Perdagangan Orang Dalam Pertama

3 Juni 2022   12:00 Diperbarui: 3 Juni 2022   12:09 98 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cryptocurrency. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Seorang eksekutif OpenSea membeli NFT yang akan diberikan real estat utama, lalu menjualnya untuk mendapatkan keuntungan.

Baik itu saham perusahaan energi atau JPEG dari Kamoni, llama yang Terganggu, Anda tidak dapat melakukan perdagangan berdasarkan informasi rahasia yang Anda tahu akan mempengaruhi harga sekuritas di masa depan.

Nathaniel Chastain mengetahuinya kemarin. Mantan kepala produk di pasar NFT terkemuka OpenSea didakwa dengan penipuan kawat dan pencucian uang yang terkait dengan perdagangan orang dalam NFT, atau token yang tidak dapat dipertukarkan. Ini adalah kasus perdagangan orang dalam pertama yang melibatkan aset digital, kata DOJ.

Semuanya dimulai September lalu, ketika pengguna OpenSea melihat sesuatu yang mencurigakan terjadi dengan dompet kripto milik Chastain. Mereka membeli NFT tepat sebelum aset ditampilkan di beranda situs, lalu menjualnya setelah harganya naik (biasanya 2x--5x jumlah aslinya, kata jaksa).

Ternyata, Chastain diduga memilih NFT yang telah dia beli untuk ditampilkan di halaman depan, dan kemudian menguangkannya untuk mendapatkan keuntungan ~$67.000, menurut 8BTCNews.

Setelah diberitahu tentang transaksi ini, OpenSea pada dasarnya mengakui bahwa perdagangan orang dalam sedang terjadi, dan pada bulan September meminta Chastain untuk meninggalkan perusahaan setelah penyelidikan. (Pada Maret, Chastain sedang mengerjakan proyek NFT baru, Oval. Tuduhannya membawa hukuman penjara maksimum 20 tahun).

Mengapa penting: OpenSea sejauh ini merupakan pasar NFT terbesar, dengan 65% pangsa pasar. Itu terakhir bernilai $ 13,3 miliar --- lebih dari American Airlines. Oleh karena itu, pukulan kredibilitas ke OpenSea adalah pukulan kredibilitas ke seluruh industri NFT.

Bukan berarti itu dipenuhi dengan keandalan sebelum biaya ini juga. Pakar hukum Crypto memperkirakan bahwa lebih banyak tindakan hukum sedang dalam perjalanan mengingat keluhan luas seputar penipuan, manipulasi pasar, phishing, dan kejahatan keuangan lainnya di ruang NFT yang tidak diatur.--- NF

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cryptocurrency Selengkapnya
Lihat Cryptocurrency Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan