Mohon tunggu...
Tiffany Marcelin
Tiffany Marcelin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Haloo!! Nama aku Tiffany, asal Jakarta. Hobi aku adalah menggambar, membaca, dan menonton film. Baru-baru ini aku lagi senang menonton film-film atau seri-seri yang ada di aplikasi Netflix. Rata-rata film yang aku tonton adalah drama korea dan barat. Aku merupakan orang yang cukup pendiam, namun senang untuk bersosialisasi. Jurusan yang aku ambil adalah teknik sipil dan aku akan terus berusaha untuk mencapai tujuan aku.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Cinta Kasih dalam Kebenaran UNPAR

8 September 2022   16:09 Diperbarui: 8 September 2022   19:45 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Spiritualistas dan nilai-nilai dasar UNPAR memiliki 3 nilai. Salah satunya adalah Caritas In Veritate atau yang dikenal sebagai cinta kasih dalam kebenaran. Jadi sebagai mahasiswa UNPARIAN, kita harus bisa saling mencintai dan membantu sesama mahasiswa. Namun, kita harus melakukanny dengan kejujuran dan kebenaran. Jika ada yang melakukan hal-hal yang salah, seperti bolos, menyontek, dan lain-lainnya, kita harus berani untuk menolak dan mengoreksi kesalahan mereka, sekaligus mmengembangkan pribadi yang lain. Kita tidak boleh menggunakan alasan yang baik untuk melakukan hal yang buruk. 

Salah satu contoh buruk lainnya adalah menjadi Free Rider. Jika kita bertemu dengan fenomena seperti ini, kita harus tanya dulu alasannya, lalu jika memang memiliki kendala kita sebagai anggota kelompoknya harus berusaha untuk membantunya dan mencari solusi dengan berkomunikasi. Namun, jika orang tersebut merupakan free rider yang dikarenakan malas atau sibuk bermain, maka kita harus memberi teguran terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan berkelompok dengan seorang free rider itu sungguh menyulitkan kita dan bisa memulai konflik antara kelompok. Namun, jika teguran tersebut tidak dianggap serius oleh mereka, maka kita hanya bisa melihat dari sudut positifnya, yaitu mendapatkan ilmu lebih banyak karena mengerjakan tugas yang lebih banyak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun