Mohon tunggu...
Tifany Lim
Tifany Lim Mohon Tunggu... universitas atma jaya yogyakarta

Website ini digunakan dengan tujuan perkuliahan, Semoga Bermanfaat! Jika ada keluhan dapat meninggalkan komentar dibawah ya. Terima kasih.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Jurnalisme Multimedia? Sering Dengar Sih, Tapi Apa ya?

19 September 2020   16:52 Diperbarui: 19 September 2020   17:03 20 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jurnalisme Multimedia? Sering Dengar Sih, Tapi Apa ya?
Sumber: Creativecommons.org

Jurnalisme multimedia berarti jurnalisme yang mengintergrasikan berbagai ragam media untuk penyebaran informasinya dengan berbaga elemen yang dihadirkan.

Jika kamu menginginkan tulisanmu dibaca oleh khayalak yang lebih luas, tentu kamu juga perlu menulis di media yang lebih beragam juga. Masing-masing media memiliki audiens dan karakter yang berbeda. 

Artinya kamu tidak akan menulis di satu atau dua platform saja. Media digital saat ini telah berkembang jauh dengan menghadirkan berbagai media untuk kamu menulis. Kamu dapat mengunggah atau menautkan link tulisanmu pada media lain. 

Tidak hanya membahas media yang digunakan, sebagai jurnalisme yang baik, alangkah lebih baik jika kita menuliskan informasi dengan berbagai bentuk informasi seperti foto, video ataupun podcast

Dalam penulisannya kamu dapat mengikuti panduan gaya menulis World Wide Web Consortium (W3C). Berikut 7 panduannya Menurut David Blakesley dan Jeffrey L. Hoogeveen (2008):

1. Membuat judul dan deskripsi tautan yang jelas dan akurat

2. Sebutkan topik tulisan di awal tulisan

3. Batasi Setiap paragraf hanya satu ide utama

4. Hindari bahasa gaul, jargon atau istilah khusus yang tidak umum

5. Pilih kata-kata yang biasa digunakan

6. Gunakan kata kerja aktif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN