Mohon tunggu...
Tiara CitraRosmayanti
Tiara CitraRosmayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hii kawan!! Ini tempat sedikit artikel yang bisa kalian baca, semogabisa membantu kalian. Jika ada kurangnya aku akan terus berusaha untuk memperbaikinya thxx dear!!!

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Hi-Tech

Media Digital sebagai Ladang Kehidupan Era Globalisasi

26 Juli 2022   23:41 Diperbarui: 26 Juli 2022   23:49 250 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Indonesia Hi-Tech. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Komunikasi publik diera digital dengan keterbukaan informasi publik untuk mewujudkan good governance sesuai undang-undang No.14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Yang melibatkan publik sebagai penyelenggaraan akses informasi yang secara transparan, dan tidak tertutup. 

Dalam akses komunikasi digital, rakyat bisa berpartisipasi dalam merancang dan memberi pendapat saat dibutuhkan untuk keperluan pemerintahan baik secara langsung atau secara tidak langsung. 

Selain itu komunikasi masyarakat dalam media digital berupaya dalam usaha ikut serta dan menciptakan perdamaian antar sesama bahkan perdamaian dunia, supaya selalu dalam ikatan kesatuan dan saling melindungi sesama. 

Dengan saling melindungi maka akan adanya rasa saling menolong dan jauhnya rasa permusuhan antar sesama manusia.

Dalam komunikasi ada tingkatan penggunaan media digital yaitu yang paling tinggi dalam bidang goverment, banking/finance, dan marketing. Seiring berjalannya waktu komunikasi yang dilakukan banyak perkembangan sehingga penggunaan media sosial, yang digunakan untuk akses jual beli, dapat mencari rekan baru dari satu negara atau dari yang berbeda negara. 

Fungsi komunikasi juga sangat berpengaruh untuk digunakan dalam bidang HUMAS (Hubungan Masyarakat) dalam menginformasikan suatu hal yag sudah di sepakati dan dicari tahu dengan baik dan sesuai fakta. 

Humas membutuhkan media digital untuk mencari informasi dan menyaring informasi yang akan disebarluaskan sehingga berpengaruh dalam masyarakat yang mendapatkan informasi tersebut.

Media digital sebagai platform komunikasi di era globalisasi berfungsi sebagai tempat mencari informasi, tempat untuk menjalin komunikasi, tempat berbagi, dan tempat untuk mengembangkan suatu potensi diri sesuai dengan keahlian yang dimiliki masing masing. 

Media dapat diakses oleh perangkat baik audio, visual, maupun audiovisual. maka dari itu media digital saat ini merupakan suatu ladang informasi,pengetahuan, sumber penghasilan, alat pemasaran dan lebih banyak lagi yang bisa didapatkan dari manfaat media digital yang semakin luas penggunaan dan perkembangannya. 

Karena sudah diera globalisasi maka perkembangannya semakin lama semakin maju, semua akan dibuat secara simpel dan efisien sehingga tidak membuang buang waktu bagi masyarakat yang menggunakannya. 

Tak lupa kita harus berupaya dalam mengembangkan teknologi digital saat ini untuk keperluan yang lebih bermanfaat bagi banyak orang. Dengan mengetahui atau mempelajari hal hal mengenai media digital saat ini juga harus dengan waspada karena banyak sekali hal hal negatif seperti hoax yang semakin merajalela. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Lihat Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan