Mohon tunggu...
Tiara Denisya
Tiara Denisya Mohon Tunggu... Mahasiswa

Be better

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Sektor Wisata di Klaten

18 Januari 2021   14:50 Diperbarui: 18 Januari 2021   14:55 40 2 0 Mohon Tunggu...

Klaten tidak hanya terkenal dengan produksi padinya , tetapi klaten juga terkenal dengan pariwisatanya, trutama adalah wisata air , tidak di pungkiri lagi klaten memiliki pasokan air yang sangat melipah , bisa di lihat pabrik Aqua saja berada di klatan , karena sudah terbukti kejernihan air nya , pada saat ini penduduk yang dekat dengan mata air , sudah berbondong-bondong untuk membuat sebuah tempat pariwisata sebagai mata pencaharian yang menjanjikan.

hal ini menyebabkan pembangunan yang berada di klaten dapat meningkat dengan pesat , meningkat pula dana yang di berikan kepada desa Untuk tahun 2020, akan mengalir dana desa ke 391 desa di Kabupaten Klaten yang seluruhnya senilai Rp 385 M lebih. Setiap desa akan memperoleh dana sekitar Rp.800 juta lebih sampai dengan Rp.1 M lebih, suatu jumlah dana yang tidak kecil untuk tingkat desa.  desatinasi wisata itu akan menghasilkan sumber daya ekonomi besar, salah satunya akan menambah pundi-pundi  pendapatan asli daerah. Berikutnya adalah bahwa pengembangan pariwisata lazim akan menimbulkan efek berantai dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Adanya kesempatan untuk berusaha bagi masyarakat pedesaaan untuk mengembangkan usaha rental mobil dan motor, pengembangan homestay, kuliner yang berbasis masakan lokal yang lezat, penumbuh kembangan usaha cinderamata, fotografi serta perparkiran adalah sebuah harapan yang nyata. Karena pasoka air yang melimpah penduduk juga menggunakan kelebihan itu untuk membudidayakan ikan

Di Klaten juga terdapat wisata sejarah seperti Candi Prambanan , Candi Sewu , Candi Plaosan, Candi Bubrah , Candi Merak dll.

ada pula tradisi-tradisi yang ada di klaten yang merupakan ikon khas klaten seperti , Di Jatinom, upacara tradisional Sebaran Apem Yaqowiyu diadakan setiap bulan Sapar. Di Palar, Trucuk, Klaten bersemayam pujangga dari Kraton Solo bernama Ronggo Warsito. Keindahan alam dapat dinikmati di daerah Deles, sebuah tempat sejuk di lereng Gunung Merapi. Rowo Jombor tempat favorit untuk melihat waduk. Terdapat juga Museum Gula, di Gondang Winangun yang terletak sepanjang jalan Klaten - Yogyakarta. 

nah mungkin itu bisa masuk dalam agenda wisata untuk liburan teman-teman. 

VIDEO PILIHAN