Mohon tunggu...
JPIC Kapusin Medan
JPIC Kapusin Medan Mohon Tunggu... Capuchin Brother

Fransiskan Kapusin

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Rekomendasi 5 Soft Skill yang Cocok Diasah Selama Bulan Ramadhan

15 April 2021   01:30 Diperbarui: 15 April 2021   01:45 869 65 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rekomendasi 5 Soft Skill yang Cocok Diasah Selama Bulan Ramadhan
Soft Skill dalam iStockphoto.com.

Masih berhubungan dengan tulisan per 14 April 2021. Ramadhan menjadi bulan penuh berkah, meski masih dalam frame pandemi Covid 19. Kiranya, bulan suci ini menjadi satu momen berharga bagi kaum Muslim untuk meningkatkan kualitas diri dan hubungan baik secara pribadi pun kolektif.

Maksudnya, selama masa Ramadhan 2021 ini, ada hal-hal baru yang dapat dikembangkan. Tentu itu akan menjadi karakter atau keutamaan yang menambah keseruan berpuasa di masa pandemi Covid ini. Yah, perlu diakui bahwa ada sisi positif dari pandemi, yakni watu luang untuk mengasah diri cukup bahkan lebih, sampai-sampai bertumpahan. He he he, just kidding.

Kalau pun tidak ada hal baru, hal-hal lama pun bisa semakin dimutakhirkan. Kita tentu mengenal istilah soft skill. Ya, tepat. Dia adalah saudara kandung dari hard skill. Dan, arah yang hendak kita telusuri adalah soft skill. Kita akan bicarakan itu dalam konteks Ramadhan di tengah situasi pandemi.

---

Soft Skill merupakan kemampuan seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain (interpersonal skill), berhubungan dengan Tuhan (transpersonal skill), dan menata diri sendiri (intrapersonal skill). Di dalam soft skill, ada kandungan emosi, spiritual, etika, dan moral. Kemampuan ini sulit diukur, sebab bersifat subjektif. Tetapi, patut dan wajib dilatih atau dikembangkan.

Masa Ramadhan adalah momentum yang tepat untuk mengasahnya lebih efisien. Tanpa mengabaikan masa di luar puasa, masa Ramadhan punya makna untuk mengarahkan umat Islam bertekun dalam olah spiritual, ketaatan, bersyukur atas hidup, peka dengan sesama, dan menjauhi perbuatan-perbuatan tidak baik. 

Apalagi, oleh karena situasi pandemi ini, ruang dan waktu untuk melatihnya menjadi sangat luas dan terbuka. Apa yang dilatih tersebut tentunya mengarah kepada soft skill yang sudah diutarakan. Maka, kira-kira ada 5 rekomendasi jenis soft skill yang cocok untuk diasah selama bulan Ramadhan ini.

1. Bekerja sama

Orang yang kurang kritis dengan kemajuan iptek dan globalisasi akan berjalan pada sikap egoisme dan individualisme. Ia cenderung berpikir dan bertindak hanya untuk dirinya dan mengacuhkan orang lain. Tidak salah. Ada masanya, kita akan menghabiskan waktu dengan diri sendiri, tetapi itu jangan sampai berlebihan, bahkan sampai tak mau bekerja sama  (berkolaborasi) dengan yang lain.

Menjadi orang yang dapat bekerja sama harus tetap dijaga dan dipelihara. Sinergitas dalam kerja sama itu jauh lebih kuat dibanding kerja sendiri. Dalam tim dan kebersamaan, tentu kerja sama akan lebih utama demi mencapai keberhasilan bersama. 

Di masa Ramadhan, tentunya kerja sama perlu dikembangkan. Apalagi, ini masih awal masa puasa. Sikap saling mendukung, siap ditegur dan dikritik untuk perbaikan diri, dan peduli rekan/tetangga/anggota keluarga adalah nilai penting dari keindahan bekerja sama.

pexels.com
pexels.com

2. Berpikir Kritis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN