Mohon tunggu...
Thurneysen Simanjuntak
Thurneysen Simanjuntak Mohon Tunggu... Senang mengajar dan menulis

www.thurneysensimanjuntak.com

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Cara Guruku Mengajar Tabel Periodik Unsur-Unsur Kimia

19 Juni 2021   10:43 Diperbarui: 22 Juni 2021   13:48 734 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Guruku Mengajar Tabel Periodik Unsur-Unsur Kimia
Tabel Periodik Unsur-Unsur Kimia (Dokpri)

Bagi yang pernah bertemu dengan pelajaran Kimia, tentu tidak asing dengan tabel periodik unsur-unsur kimia. Tabel periodik unsur-unsur kimia merupakan susunan unsur-unsur Kimia yang telah diurutkan berdasarkan nomor atom.

Begitu halnya dengan saya ketika duduk di bangku SMA jurusan A2 (Biologi) dua puluh tahun lalu. Pelajaran Kimia adalah pelajaran wajib bagi jurusan kami, setidaknya kami harus belajar Kimia 3 jam pelajaran dalam seminggu.

Ketika pertama kali membaca buku Kimia, satu hal yang membingungkan saya adalah ketika bertemu dengan sebuah tabel periodik unsur-unsur kimia tersebut, tepatnya yang tertera pada bagian lampiran buku.

Seiring waktu pelaksanaan pelajaran Kimia, guru kami pun mulai memperkenalkan tabel periodik unsur-unsur kimia tersebut.

Menariknya, guru Kimia kami mengajari kami untuk menghafal tabel periodik unsur-unsur kimia dengan cara yang unik. Misalnya dengan membuatnya sebuah kalimat menarik berdasarkan golongan yang ada.

Apa yang diajarkan guru kami dua puluh tahun lalu, bahkan hingga saat ini masih terekam rapi di benak saya. Padahal saya tidak tergolong lama belajar Kimia, hanya tiga tahun. Alasannya, ketika kuliah saya justru memilih untuk kuliah di jurusan non eksakta, yang sudah pasti tidak pernah bersinggungan lagi dengan pelajaran Kimia.

Mau tahu beberapa kalimat menarik yang pernah diajarkan guru kami dan masih saya ingat hingga hari ini?

Misalnya, untuk golongan IA kami perlu mengingat kalimat ini, "Hai Lina Kenapa Rubi Cs Frustrasi". Dengan mengingat kalimat tersebut, tentu kami dengan mudah mengingat unsur-unsur kimia pada golongan IA yaitu H (Hydrogen), Li (Lithium), Na (Sodium), K (Potassium), Rb (Rubidium) Cs (Caesium), Francium).

Ada juga kalimat, "Belum Mangkat Caesar Sri Baginda Raja". Kalimat ini untuk mengingatkan kami pada unsur-unsur kimia golongan IIA yaitu Be (Beryllium), Mg (Magnesium), Ca (Calsium), Sr (Strontium), Ba (Barium), Ra (Radium).

Selain itu, saya juga masih ingat unsur-unsur halogen pada golongan VIIA. Guru kami memberi kalimat untuk mengingatnya dengan "Foreman Kelas Berat Ingin Angkat Tangan". Kalimat ini tentu menjadi mudah diingat karena saat itu nama Foreman lumayan terkenal dikalangan siswa karena baru bertarung tinju dengan Mike Tyson di kelas berat.

Nah, dengan kalimat tersebut tentu para siswa akan mudah mengingatkan pada unsur-unsur halogen yang berada pada golongan VIIA seperti F (Fluorine), Cl (Chlorine), Br (Bromin), I (Iodine), At (Astatin).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN