Mohon tunggu...
T.H. Salengke
T.H. Salengke Mohon Tunggu... Petani - Pecinta aksara

Ora et Labora

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

10 Langkah Tutorial Online yang Efektif dan Efisien bagi Mahasiswa UT

2 Oktober 2022   21:45 Diperbarui: 24 Oktober 2022   11:50 2316 14 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diskusi terkait mekanisme Tutorial Online bersama perwakilan mahasiswa UTKL. Dok. Pribadi

Tutorial Online atau Tuton mahasiswa Universitas Terbuka memiliki kontribusi nilai yang siginifikan. Bagi mahasiswa yang memiliki kesibukan bekerja, perlu mengatur strategi jitu, agar kegiatan perkuliahan tidak mengganggu pekerjaan.

Apabila mahasiswa mengambil tujuh mata kuliah pada semester berjalan, maka pastikan dapat mengerjakan diskusi Tuton dengan cara membagi satu mata kuliah per hari. Namun demikian, bukan berarti tidak boleh mengerjakan diskusi lebih dari satu mata kuliah dalam sehari.

Mahasiswa yang disiplin mengerjakan diskusi setiap hari, maka dalam seminggu, pasti sudah dapat membereskan semua mata kuliah yang diambil. Lakukan hal seperti ini dari diskusi pertama hingga diskusi ketujuh secara teratur.

Maba 2022 berfoto bersama Duta Besar Hermono. Dok. Pribadi.
Maba 2022 berfoto bersama Duta Besar Hermono. Dok. Pribadi.

Berikut langkah-langkah Tuton yang efektif dan efisien:

Pertama, buka laman e-learning.ut.ac.id, kemudian login menggunakan NIM dan kata sandi yang diberikan pada waktu AKTIVASI NIM. Kalau lupa mencatatnya, silahkan periksa kembali inbox emailnya.

Kedua, bila sudah berhasil masuk ke halaman utama Tutorial Online pada e-learning, maka pada dashboard akan nampak daftar mata kuliah yang akan ditutonkan pada semester ini.

Ketiga, Pilih salah satu mata kuliah yang ingin dikerjakan pada hari pertama. Demikian untuk hari-hari seterusnya.

Keempat, Sebelum menjawab diskusi, hendaknya terlebih dahulu mengklik presensi atau kehadiran. Pastikan Saudara mencentang SETUJU hingga keluar nilai 100. Artinya kehadiran Saudara telah terdata. Cukup mengklik satu kali saja untuk setiap diskusi.

Kelima, Baca tugas diskusi dengan seksama. Apabila satu atau dua orang mahasiswa lain yang telah menjawab diskusi, coba cermati dari jawaban mereka, sebagai rujukan dan pembanding ide Saudara. Baca literatur di google scholar, buku modul, baik cetak maupun digital pada Ruang Baca Virtual Universitas Terbuka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan