Mohon tunggu...
T.H. Salengke
T.H. Salengke Mohon Tunggu... Petani - Pecinta aksara

Ora et Labora

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Jenis Metode Survey dalam Penelitian Ilmiah

1 Agustus 2022   10:35 Diperbarui: 1 Agustus 2022   10:44 101 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dok. Centragama.com

SURVEY dalam penelitian ilmiah itu bisa dibilang langkah awal untuk mengidentifikasi permasalahan kajian. Tanpa basah basih, langsung saja saya paparkan jenis model survey yang dapat digunakan dalam penelitian ilmiah adalah, sbb:

Pertama: Metode Persepsi

Metode ini juga bisa disebut metode penilaian yang dimaksudkan untuk mencari informasi awal yang masih kabur. Dalam metode ini, peneliti menggunakan konsep eksplorasi apabila tingkat penguasaan masalah masih rendah.

Kedua: Metode Deskriptif

Metode ini sebutkan sebagai metode untuk mengukur fenomena sosial tertentu, yang kemudian dielaborasi secara deskriptif atau naratif.

Ketiga: Metode Penjelasan Atau Eksposisi

Sebenarnya metode ini hampir sama dengan metode deskriptif. Perbedaannya, metode survei penjelas, menekankan pada pencarian hubungan sebab akibat atau kausal antara variabel yang diteliti. Di sini orang dapat membedakan antara metode deskriptif dan penjelasan. Metode deskripsi menyoroti deskripsi hasil analisis data. Sedangkan metode eksplanatori menekankan pada kausalitas hasil analisis data.

Keempat: Metode Penilaian

Metode ini digunakan untuk penelitian evaluatif. Secara umum, metode evaluasi diterapkan pada penelitian evaluasi program. Pertanyaan penelitian yang dapat dirumuskan, misalnya, apakah program yang diimplementasikan telah mencapai tujuan? Penelitian survei untuk tujuan evaluasi umumnya adalah serangkaian studi yang lebih komprehensif atau bagian dari program tertentu.

Kelima: Prakiraan Metode

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan