Mohon tunggu...
T.H. Salengke
T.H. Salengke Mohon Tunggu... Petani - Pecinta aksara

Ora et Labora

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Komitmen Kelompok Kerja dalam Mendukung Kinerja Organisasi

12 April 2022   18:47 Diperbarui: 18 April 2022   10:07 118 7 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Apakah kelompok kerja akan selalu bisa efektif mendukung kinerja orgnisasi?

Pertanyaan di atas jelas sangat mendasar untuk memastikan semua unsur dalam organisasi dapat berfungsi dengan baik, sesuai dengan visi dan misi organisasi.

Kelompok  kerja merupakan sekumpulan orang yang bergabung dan bekerjasama untuk mencapai satu tujuan tertentu. Sementara organisasi merupakan sebuah wadah bekerjasama antar individu yang menjadi anggota untuk mencapai tujuan bersama.

Masalahnya walaupun orang berada dalam kelompok yang satu, dengan harapan tujuan bisa sama, namun faktanya juga sering berbeda-beda dan memudarnya solidaritas kerja antar anggota kelompok seiring berjalannya waktu dan juga berkembangnya kepentingan kerja dari anggota kelompok.

Namun demikian rata-rata setiap anggota kelompok memiliki komitmen untuk mencapai tujuan kelompok secara bersama-sama, atas dasar saling pengertian dan keyakinan bahwa bila kelompoknya kuat, maka akan memberikan dampak positif pada setiap anggota.

***

Salah satu kuncinya supaya komitmen kelompok kerja senantiasa bisa mendukung kinerja organisasi adalah komunikasi dan koordinasi yang baik. Dengan demikian, pasti akan tercipta pola kerjasama kelompok yang efektif. 

Lebih penting lagi bila dibaluti dengan pendekatan humanis dan profesional dari atasan ke bawahan. Sebaliknya akan menjadi fatal apabila minimnya motivasi. komunikasi, dan koordinasi antar anggota kelompok, sehingga susah terjalinnya kerjasama yang baik.

Merujuk kata pepatah “bersatu kita teguh bercerai kita runtuh”, dapat dipahami bahwa kerja sama dalam kelompok selalunya efektif., dengan syarat kondusivitas kerja sebagaimana disebutkan di atas.[]

Semoga catatan singkat ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

KL: 12042022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan