Mohon tunggu...
T.H. Salengke
T.H. Salengke Mohon Tunggu... Tukang Ketik

Ora et Labora

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Promosi UT Sampai ke Hong Kong

20 Januari 2020   12:28 Diperbarui: 21 Januari 2020   23:00 106 11 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Promosi UT Sampai ke Hong Kong
(Dok. Pribadi)

Suatu pagi di akhir pekan, saya bergegas menuju sebuah sekolah menengah pertama di daerah Causeway Bay, Hong Kong. Suhu pagi itu agak dingin, mencapai 15 derajat selsius. 

Jalan raya sudah mulai sibuk, masyarakat Hong Kong sudah mulai sibuk beraktivitas, tak peduli hawa dingin yang berusaha menusuk pori-pori walau sudah dibaluti baju hangat.

Di akhir pekan sekolah tersebut menjadi pusat kegiatan belajar masyarakat Indonesia yang tergabung dalam Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bintang Nusantara, sebuah lembaga pendidikan swasta yang melayani ujian paket kesetaraan  paket B dan C bagi warga negara Indonesia di Hong Kong.

Mereka yang berkumpul benar-benar merasa bersekolah, mengenakan jas merah maroon dengan buku serta alat tulis lengkap di atas meja masing-masing. "Saya berusaha memanfaatkan waktu libur akhir pekan untuk kegiatan bermanfaat seperti belajar dan kursus," ujar Chaterin (21 tahun) buruh migran asal Lampung. Hal senada juga disampaikan oleh Adelina (32 tahun) asal Sumba, NTT.

Saya merasa senang diundang dan diberi kesempatan berinteraksi dengan buruh migran Indonesia yang senantiasa semangat untuk belajar. Benar-benar waktu dua jam yang sangat berarti untuk motivasi puluhan masyarakat Indonesia yang tergabung sebagai siswa yang akan mengikuti ujian paket B dan C.

Kepada mereka saya mendorong agar terus semangat melanjutkan pendidikan selama di perantauan hingga jenjang perguruan tinggi. Alangkah baik kalau selama berada di perantauan bisa kuliah sambil bekerja secara online seperti sistem belajar Universitas Terbuka (UT).

Tentu apabila suah berhasil lulus dan memperoleh ijazah sarjana, mereka bisa melamar kerja di dalam negeri, tidak harus merantau beberapa kali meninggalkan keluarga di kampung halaman.

Sebagai informasi, berikut nama-nama negara yang ada Pokjar UT terbesar, sbb: Malaysia, Singapura, Hong Kong, Taiwan, Korea, dan Arab Saudi. Negara-negara lain juga ada layanan UT tetapi jumlah mahasiswanya belum begitu banyak.

Melihat semangat masyarakat Indonesia yang merantau ke luar negeri untuk belajar sambil kerja sangat tinggi, maka layanan ujian paket kesetaraan dan pendidikan jarak jauh secara online di UT sangat membantu mereka meraih cita-cita. 

Dengan demikian layanan pendidikan menjadi semakin merata dan kesempatan nagi kaum perantau untuk menggapai kesuksesan bisa terbuka lebar.[]

Sekadar berbagi untuk Indonesia pintar.

KL: 20012020

VIDEO PILIHAN