Mohon tunggu...
T.H. Salengke
T.H. Salengke Mohon Tunggu... Tukang Ketik

Ora et Labora

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Sensasi Literasi di Hong Kong Central Library

14 Januari 2020   11:55 Diperbarui: 17 Januari 2020   08:35 59 7 4 Mohon Tunggu...
Sensasi Literasi di Hong Kong Central Library
(dok. Pribadi)

Hari belum terlalu senja, setelah letih mutar-mutar dan berburu kuliner ala Indonesia yang dijual oleh para buruh migran Indonesia di Victoria Park, pada suatu hari di Minggu sore saya menyempatkan diri berkunjung ke Hong Kong Central Library yang terletak di bilangan Causeway Bay

Perpustakaan yang terbuka untuk umum dari pagi sampai malam itu pernuh dengan buku-buku dari berbagai penerbit seluruh negara di dunia, khususnya yang berbahasa Inggris dan Mandarin. Ada lima lantai khusus berisi buku rujukan yang bisa dibaca oleh pengunjung dalam berbagai cara termasuk micro-film.

Di setiap lantai tersedia ruang baca yang nyaman dan fasilitas internet gratis yang bisa diakses dari puluhan komputer yang terpasang di setiap sudut perpustakaan. Para buruh migran Indonesia banyak juga yang masuk untuk memanfaatkan fasilitas internet gratis.

Duduk berjam-jam di dalam perpuskaaan tak akan bosan karena sangat nyaman. Sebuah tempat yang kondusif untuk membaca dan menulis.

(Dok. Pribadi)
(Dok. Pribadi)
Sensasi di Hong Kong Sentral Library benar-benar serasa sedang hidup dalam dunia buku. Buku berbahasa Inggris dan berbahasa Mandarin sangat mendominasi. banyak literasi geografi dan etnografi Indonesia, tetapi sulit sekali untuk menemukan buku-buku terbitan dalam bahasa Indonesia.

Berkunjung ke perpustakaan atau tokoh buku di setiap tempat, sudah menjadi kebiasaan pribadi. Minimal ke tokoh buku dan membeli satu atau dua buku untuk menambah koleksi perpustakan pribadi dan sebagai kenang-kenangan bahwa telah menginjakkan kaki di daerah tersebut.[]

Sekadar berbagi dari Victoria Bay.

HK:14012020

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x