Mohon tunggu...
Thomson Cyrus
Thomson Cyrus Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta, blogger, vlogger

Untuk Kerjasama, Bisa hub Kontak Email : thomsoncyrus74@gmail.com DM IG : @thomsoncyrus74

Selanjutnya

Tutup

Sosok Pilihan

Lamhot Sinaga Bagikan 233 Konkit Nekayan di Kab. Nias Barat, Sumut

21 November 2023   13:02 Diperbarui: 21 November 2023   14:05 379
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Senin 20 November 2023, bertempat di halaman Kantor Bupati Nias Barat diadakan acara penyerahan secara simbolis Penyerahan Paket konversi BBM ke BBG untuk Mesin Kapal Penangkap Ikan bagi Nelayan Sasaran tahun 2023 Kabupaten Nias.

Program ini adalah program kemitraan Kementrian ESDM dengan Komisi VII DPR RI, Ir. Lamhot Sinaga (fraksi Partai Golkar). Pembagian konkit Nelayan ini bukan pertama kali dilakukan. Tahun lalu sudah dibagikan untuk Kabupaten Nias Barat dan Nias Utara. Untuk Nias Barat Tahun 2022 sudah diserahkan sebanyak 178 paket dan tahun 2023 ini sebanyak 233 paket.

Dalam sambutannya, Bupati Nias Barat, Bpk Kenoki Waruwu menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Kementrian ESDM dan secara khusus kepada anggota DPR RI Lamhot Sinaga yang telah memperjuangkan agar program konkit nelayan ini sampai ke Nias Barat. Kalau sekiranya bukan pak Lamhot Sinaga yang memperjuangkan aspirasi ini, kami yakin Kabupaten Nias Barat tidak akan mendapatkan program ini. Maka sebagai Bupati Nias Barat, saya himbau kepada masyarakat Kab. Nias Barat untuk mengingat bpk Lamhot Sinaga. Bukan hanya mengingat, tetapi harus memberi doa dan dukungan kepada Anggota DPR yang memperjuangkan aspirasi masyarakat Nias.

Direktur Perencanaan dan infrastruktur Direktorat Migas Kementrian ESDM, Bpk Laode Sulaiman dalam sambutannya mengatakan bahwa Program Mesin Konversi BBM ke BBG ini pasti sangat membantu para nelayan dan akan mengalami penghematan. Bila Nelayan misalnya menghabiskan 8 liter pertalite dalam operasionalnya, dengan konkit nelayan ini bisa hanya menggunakan 1 tabung gas LPG 3 Kg. Bila misalnya Nelayan menghabiskan Rp 100.000 setiap kali jalan dengan asumsi Rp 12.000 per liter (pertalite) ditingkat pengecer. Maka dengan LPG 3 Kg dengan Rp. 20 ribu. Maka penghematan sudah bisa Rp. 70 rb s/d Rp.80 rb setiap kali beroperasi. Ini penghematan yang luar biasa bagi Nelayan.

Dokpri
Dokpri

Lamhot Sinaga dalam arahannya kepada para Nelayan mengatakan bahwa program ini bermula dari diskusi (aspirasi) dari pertemuan saya dengan Wakil Bupati Nias, Era Era Hia yang kebetulan Kader Partai Golkar dan Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Nias Barat. Dalam diskusi kami, Wabup menceritakan kondisi masyarakat dan kegiatan masyarakat Nias Barat, dimana banyak warga yang bekerja sebagai Nelayan. Maka saya berjanji ke Wakil Bupati untuk membantu Nelayan Nias Barat dengan bantuan Konkit Nelayan. Itulah awal mula, mengapa Nias barat yang mendapatkan Program ini, cerita Lamhot Sinaga yang kembali maju sebagai Caleg DPR RI dari Partai Golkar dengan Nomor Urut 1 di Dapil 2 Sumatera Utara.

Perwakilan Nelayan penerima program Konversi BBM ke BBG ini menyampaikan terimakasih mereka secara khusus Kepada Sinaga Lamhot  yang telah memperjuangkan aspirasi mereka sebagai Nelayan di Kab. Nias Barat.

Acara penyerahan Konkit Nelayan ini dilaksanakan secara simbolis kepada perwakilan Nelayan Sasaran penerima bantuan di depan Kantor Bupati Nias Barat.
Setelah selesai acara penyerahan secara simbolis. Rombongan bergegas ke pantai untuk meninjau pengaplikasian paket konkit BBM ke BBG ini.

Para Nelayan histeris menyambut kedatangan Rombongan Lamhot Sinaga, Kementrian ESDM bersama Bupati dan Wabup Nias Barat. Para nelayan berteriak menyambut kedatangan Lamhot Sinaga.

"Hidup Lamhot Sinaga, Hidup Lamhot Sinaga, pejuang aspirasi" kata para Nelayan histeris.

Secara terpisah saat saya wawancarai para Nelayan. Mengapa mereka sampai histeris menyambut kedatangan Lamhot Sinaga? Para nelayan terharu, karena baru kali ini mereka dikunjungi anggota DPR Pusat. Mereka juga mendapat bantuan Mesin Konkit BBM ke BBG yang nilainya sangat besar dan ini pasti sangat membantu pekerjaan mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosok Selengkapnya
Lihat Sosok Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun