Mohon tunggu...
Thomson Cyrus
Thomson Cyrus Mohon Tunggu... Wiraswasta, blogger, vlogger

Tetap Semangat Indonesia, Kerja Keras dan Harus Optimis Email : thomson.cyrus@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Peduli Lingkungan Hidup, Pengurus dan Kader DPC PDIP Taput Tanam 2500 Pohon Berbuah secara Serentak

25 Januari 2021   10:25 Diperbarui: 25 Januari 2021   10:45 82 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peduli Lingkungan Hidup, Pengurus dan Kader DPC PDIP Taput Tanam 2500 Pohon Berbuah secara Serentak
dok. pribadi

Rangkaian HUT ke-48 PDI-P, Bupati Taput Sekaligus Ketua DPC PDI P Taput Tanam 2500 Pohon Berbuah Serentak

Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si bersama Anggota DPRD Sumut Tuani Lumbantobing, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Indra Sahat Simaremare, Asisten I Parsaoran Hutagalung  dan beberapa Pimpinan OPD bersama seluruh Pengurus DPC, PAC dan Badan Sayap tanam 2500 bibit pohon secara serentak di Pelataran Salib Kasih Siatas Barita, Sabtu (23/01).

Adapun Pohon berbuah yang ditanam secara serentak di semua kecamatan dan desa yang ada di Tapanuli Utara adalah pohon durian, pohon jengkol, pohon manggis, pohon pete, pohon lengkeng dan pohon aren. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu gerakan peduli lingkungan utamanya melihat topograpi dan geografi Tapanuli Utara yang rawan longsor dan sering banjir di berbagai titik.

"Kita tetap menjaga NKRI, menjaga Pancasila, Tapanuli Utara harus mencatat sejarah, kita wujudkan cita cita Bung Karno. Kita jaga sinergitas partai dengan Pemerintah sehingga bisa wujudkan kesejahteraan masyarakat dan keutuhan bangsa," ujar Bupati mengawali sambutannya.

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah rangkaian dari beberapa kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya. "Kita harus budayakan terus menanam. Masing masing menanam satu pohon, kita menyelamatkan satu generasi. Dengan menanam pohon berbuah ini, bukan hanya penghijauan yang kita dapat, tetapi juga hasilnya bisa dinikmati masyarakat,. Jadi jangan lelah menanam, satu pohon sangat berarti," ujar Bupati mengakhiri.

Dalam kesempatan itu, sebelum penanaman secara simbolis, Bupati Taput membagikan bibit pohon berbuah bagi seluruh camat dan seluruh Pengurus PAC PDI-P untuk ditanam serempak di seluruh Kecamatan.

dok. pribadi
dok. pribadi
Gerakan peduli lingkungan seperti menanam pohon yang dilakukan oleh Pengurus dan Kader PDI-Perjuangan DPC Taput ini tentulah harus dijaga keberlanjutannya, sebab pemanasan global sudah nyata. 

Perubahan iklim yang mulai tak menentu, sedikit banyak sudah merubah pola hidup masyarakat dalam beraktifitas. Menanam pohon adalah solusi tepat untuk mengimbangi berbagai penebangan pohon yang dilakukan masyarakat baik itu karena membuka lahan untuk pertanian maupun untuk tanaman industri.

Sikap menanam pohon adalah langkah yang tepat. Sebab pembangunan akan terus berlangsung selama aktifitas masyarakat terus bertambah dan kerusakan lingkungan tak bisa dihindari. Yang bisa dilakukan adalah mengimbangi kerusakan lingkungan dengan peduli lingkungan seperti menanam pohon kembali. 

Pohon berbuah adalah solusi yang tepat untuk merangsang minat masyarakat menanam pohon kembali, selain untuk tujuan penghijauan, tanaman pohon berbuah bisa untuk menambah pendapatan masyarakat di masa depan dari hasil buah yang ditanam. Pun, peningkatan gizi asupan masyarakat akan bertambah dengan mengkonsumsi buah yang mereka tanam.

dok. pribadi
dok. pribadi
Ayo menanam pohon, itulah ajakan yang disampaikan Bupati Taput, Drs Nikson Nababan MSi dalam kesempatan ini. Langkah kecil untuk menyelamatkan lingkungan hidup sekitar kita. Kita sudah melihat banjir dan longsor yang terus menerpa negara kita ini, kalau bukan kita yang perduli, siapa lagi?

foto: dokpri

Salam kompasiana.

Thomson Cyrus Siagian.

VIDEO PILIHAN