Mohon tunggu...
Thomas UmbuJoka
Thomas UmbuJoka Mohon Tunggu... Pribadi.

THOMAS UMBU JOKA

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Sirih dan Pinang Sajian Khas Orang Sumba

28 Mei 2019   18:44 Diperbarui: 28 Mei 2019   20:12 0 6 1 Mohon Tunggu...
Sirih dan Pinang Sajian Khas Orang Sumba
siri pinang kapur dan karera(sumber Gambar THOMAS UMBU JOKA)

SIRIH DAN PINANG SAJIAN KHAS ORANG SUMBA

( Nusa Tenggara Timur )

Klasifikasi Tanaman Sirih.

Tanaman sirih, nama ilmiah atau nama Latin dari tanaman Sirih ialah ( Piper betle L ).  Pada umunya ialah tanaman yang dimana proses pertumbuhan bersifat menjalar merambat, dimana tanaman ini bertumbu dengan sistim tumpang tindi pada tanaman lainnya. Tanaman ini bisa kita jumpai pada tanaman yang mempunyai sistem percabangan banyak dan sistem batang lurus keatas. 

Akar dari pada tanaman sirih adalah akar tunggang yang dimana berbentuk bulat berwarna cokelat kekuningan. Helaian daun siri berbentuk seperti oval atau bulat telur bagaian pangkal daun bebentuk menyerupai jantung atau agak bulat, tulang daun bagian bawah tidak berbulu tetapi sangat tebal dan pendek, lebar dari pada daun sekitar 2,5-10,5 cm dan panjang daun 5-18 cm. Dan yang terakir ialah morfologi buah dari pada siri, yang dimana buah sirih berbentuk bulat dengan ujung gundul buah sirih yang suda masak berbuluh rapat dan berwarna kelabu dengan ketebalan 1-1,5 cm.

Klasifikasi Tanaman Pinang.

Pohon Pinang merupakan salah satu jenis tumbu-tumbuhan yang masuk dalam famili arecaceae pada ordo Arecales. Nama ilmiah atau nama latin dari pada Pinang ialah ( Areca catechu ) ini merupakan salah satu jenis tumbuhan monokotil yang dimana tergolong dalam palem-paleman. Tanaman pinang merupakan sala satu tanaman dengan nilai ekonomi dan potensi yang cukup tinggi. Dimana tanaman ini memiliki batang yang lurus, buku-buku dan bentung bulat ramping, tanaman ini memiliki sekali banyak manfaat dan yang lebih dikenal tanaman ini sebagai tanaman obat-obatan. 

Batang dari pada tanaman ini berdiameter +15 cm dan dapat tumbuh hingga 20 meter tingginya dan takjub dari pada tanaman ini terdiri dari 10-20 helaian daun, bunga jantan dan betina terbungkus dalam kelopak bunga. 

Tanaman pinang ini dapat bertahan hidup 25-30 tahun dan tanaman ini akan berbunga pada awal musim hujan dan akir musim penghujan. Buah dari pada tanaman pinang ialah berukuran sepanjang 5 cm jika buahnya suda masak makan akan berwarna orange, dengan kuliat berserabut dan berbiji tungal, biji dari pada pinang ialah warna kecoklatan dan coklat kemerahan dan bentuknya berlekuk-lekuk.

Mitos dari pada Siri dan Pinang menjadi sajian khas orang Sumba, Namun saudara sekalian yang belum mengetahui Sumba itu terletak dimana, Sumba tepatnya berada diTimur Indonesia, yang terletak diprovinsi Nusa Tenggara Timur. 

Sumba sendiri terbagi menjadi 4 Kabupaten yang diantaranya: Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, dan Sumba Barat Daya, Meskipun terbagi atas 4 kabupaten tidak mengurangi rasa silaturahmi yang baik, Rasa silaturahmi tetap diproriataskan demi menjalin kerja sama yang harmonis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x