Mohon tunggu...
Edi Sabara
Edi Sabara Mohon Tunggu... Wiraswasta - Edi Sabara

The Village Society

Selanjutnya

Tutup

Money

Strategi Pemasaran Produk Pada Badan Usaha Milik Desa

3 April 2016   07:23 Diperbarui: 3 April 2016   19:22 2419
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Semangat untuk membangun desa dan membawa desa kearah yang lebih baik sangat mungkin sekali akan terwujud , setelah terbitnnya UU No.6 Tahun 2014 tentang desa . Sekarang masyarakat desa yang menentukan arah pembangunan dan masa depan desa itu sendiri . Dengan adanya dana desa harusnya masyarakat di desa mampu membuat program pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian di desa . Begitu banyak potensi yang bisa di kembangkan dan di jalankan oleh masyarakat di desa bersama – sama dan mampu bersaing di pasar nasional maupun internasional. Program – program pengembangan usaha ekonomi desa yang sudah di lakukan oleh pemerintah masih perlu pengembangan , kegagalan dan keberhasilan tentunya selalu ada dalam sebuah program , yang terpenting adalah bagaimana kegagalan itu dijadikan motivasi untuk lebih baik dan menuju keberhasilan dalam program pengembangan perekonomian desa ke depan.

[caption caption="bumdesa pasaman"][/caption]

 Setelah  diluncurkannya UU 6 tahun 2014 dan kemudian di ikuti dengan Peraturan Menteri Desa Pembangun Daerah Tertinggal dan Transmigrasi N0. 4 Tahun 2015 tentang pendirian, pengurusan dan pengelolaan dan pembubaran Badan Usaha Milik Desa bisa  diharapkan bisa menjadi Semangat baru terhadap desa untuk mengelola semua potensi perekonomian yang ada. Tetapi yang terpenting adalah bagaimana Bumdesa di Indonesia bisa bersaing dengan perusahaan swasta nasional maupun internasional. Keberadaan Bumdesa ini akan memperkuat kegiatan – kegiatan usaha ekonomi di desa yang sudah seperti koperasi , ukm dan industri rumah tangga serta usaha perseorangan . Bagaimana semua pelaku usaha di desa bisa jalan bersama dengan bumdesa untuk mengangkat produk dan jasa dari desa bisa meningkat.

Peran semua stakeholder sangat penting untuk bisa membantu Badan Usaha Milik Desa karena kondisi tingkat sdm yang di desa belum semua merata masih perlu di tingkatkan dan tentunya tidak luput dari peran pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk mensosialisasikan pentingnya Bumdesa bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Badan Usaha Milik Desa harus mampu membuat organisasi usaha yang sehat dan berkelanjutan .

Masih banyak permasalahan yang ada pada Badan Usaha Milik Desa yang tentunya harus di cari solusi nya , Antara lain adalah ;Masalah Sumber Daya Manusia ,Masalah Operasional ,Masalah Pemasaran ,Masalah Keuangan ,Masalah Lingkungan. Pemasaran merupakan hal yang penting dalam sebuah kegiatan usaha karena keberlanjutan sebuah usaha itu bagaimana kita bisa menciptakan pembeli yang loyal dan calon pembeli yang potensial untuk bisa menjadi pelanggan dan terciptanya pembelian kembali.

 

Ada 4 Hal yang menjadi permasalahan pemasaran pada Bumdesa yaitu :

1.      Rendahanya Diferensiasi Produk

2.      Terbatasnya  Media/BIaya  Promosi

3.      Belum Memiliki Jaringan Bisnis

4.      Keterbatasan Sdm.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun