Mohon tunggu...
Muda

Apapun "Passsion" Kamu, Jadilah Pribadi yang Unggul

28 September 2017   08:26 Diperbarui: 28 September 2017   08:53 879 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apapun "Passsion" Kamu, Jadilah Pribadi yang Unggul
sumber: open.az

Yogyakarta, 28 September 2017 -- Setiap manusia di muka bumi tercipta dengan banyak perbedaan, baik fisiknya, pemikirannya, jalan hidupnya, cita-citanya, kemampuannya, termasuk passion. Suatu hal yang sangat kita senangi, dimana kita tak kenal lelah ketika menjalaninya, dimana kita tak ingin berpisah darinya, dimana kita mempunyai cita-cita setinggi langit bersamanya, itulah passion.

Bukan orang lain yang menentukan passion-mu, tetapi diri kita sendirilah yang menyadari dan paham seperti apa passion yang tersemat. Dan untuk menjadi unggul, kita bisa memanfaatkan passion tersebut.

Berbicara tentang menjadi unggul bukan berarti kita harus menjadi seorang yang tersohor di dunia, memiliki harta kekayaan yang berlimpah, dan jabatan yang tinggi. Jauh daripada itu, menjadi unggul adalah bagaimana manusia berupaya untuk terus membangun integritas diri dan mendongkrak pikiran melalui belajar, baik di lembaga pendidikan maupun pengalaman-pengalaman hidup lainnya.

Masalah terkenal nantinya adalah bonus. Goal utamamu bukanlah terkenal, tetapi menjadi cerdas, membanggakan, dan berguna bagi nusa dan bangsa. Selain itu, pintar saja tidak cukup untuk 'mengelola' si passion, tetapi juga mebutuhkan pemikiran yang kreatif. As long as you are a creative thinker, you are a problem solver!

Jangan pernah pesimis ketika kita tidak pernah mendapatkan ranking yang memuaskan di sekolah atau IPK cumlaude semasa kuliah. Sesungguhnya nilai dengan angka-angka atau huruf cemerlang tersebut bersifat sementara, tidak mutlak! Bahkan test IQ pun bukanlah penentu utama keunggulan dan kesuksesan seseorang di masa depan.

Selama kita mau berusaha, berprinsip, mempunyai visi-misi, dan tidak gampang menyerah, kita pasti bisa menjadi unggul! Tidak perlu pusing dengan cemoohan orang lain ketika kita menentukan arah hidup, apalagi gara-gara hal tersebut membuatmu harus 'banting setir' dari passion dan potensi yang kamu miliki. Apakah orang lain akan bertanggungjawab terhadap pilihan hidupmu? Jawabannya: tidak!

Memang, kita akan menghadapi berbagai kendala ketika kita berjuang meraih keunggulan dan kesuksesan. Kita pasti pernah diremehkan dalam berbagai situasi, misalkan nilai-nilaimu yang biasa-biasa saja saat di sekolah atau di kampus, atau bidang yang kamu senangi itu tidak ada apa-apanya di mata orang-orang.

Kamu pasti akan merasakan kesedihan ketika berada dalam situasi ini. Kamu pasti pernah menyalahkan dirimu mengapa kamu terlahir demikian. Kamu pasti pernah iri dengan teman-temanmu bahkan saudara-saudaramu dengan berbagai prestasi yang dianggap layak oleh orang-orang sekitarmu. Kamu pasti pernah berpikir bahwa di masa depan kamu tidak akan sukses.

Tapi kamu tidak lebih dari seorang pecundang jika kamu berlama-lama dalam situasi seperti ini, dan kamu adalah lebih dari pemenang jika kamu segera menghapus air matamu, menegakkan kaki, dan melangkah maju. Orang lain boleh-boleh saja mendadak berubah menjadi peramal hidupmu, tetapi satu hal yang harus kamu percaya adalah Tuhan tetap perancang utama untuk kehidupanmu.

Tidak ada batasan-batasan apapun untuk menjadi unggul dan membanggakan, mau berapapun usiamu, dimanapun kamu berada, apapun suku dan agamamu, apapun passion-mu. Menjadi unggul dan kebanggaan adalah pilihan, pilihan yang ditentukan oleh dirimu sendiri, bukan orang lain. Jika kamu mau tekun dan berusaha, jika kamu percaya bahwa Tuhan selalu menyertaimu, tidak ada yang mustahil untuk meraih cita-cita dan menjadi unggul.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x