Mohon tunggu...
Theresia Yunita
Theresia Yunita Mohon Tunggu... .

.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Para Kepala Sekolah dan Masyarakat Mendukung serta Mengapresiasi Pendidikan Gratis di Banten

1 Desember 2020   00:42 Diperbarui: 1 Desember 2020   00:48 8 1 0 Mohon Tunggu...

Oleh: Theresia Yunita Pertiwi*

Kepala Sekolah di banten mendukung adanya program pendidikan gratis bagi siswa-siswi SD sampai SMA/SMK guna mendukung percepatan pembangunan daerah serta membantu mereka yang kesulitan dalam membiayai anaknya untuk berpendidikan.Pendidikan gratis dipastikan akan mendongkrak angka pendidikan bagi siswa/siswi di dalam keluarga yang kurang mampu untk membiayai pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi yaitu SMA/SMK.

Selain itu program pembangunan daerah akan berjalan dengan baik karena Pendidikan adalah aset bangsa. Dipastikan negara akan maju jika pendidikan di dalam negara itu sangat baik. Sehingga dengan pendidikan yang sangat baik ini akan menunjang dan membantu sumber daya manusia. Kebijakan Pemprov Banten yang digulirkan Gubernur Banten yaitu Wahidin Halim diapresiasi masyarakat serta Kepala Sekolah daerah karena dengan adanya program ini masyarakat sangat terbantu serta angka anak yang berpendidikan akan melaju pesat.

Penyelenggaran adanya pendidikan gratis ini ditanggung melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (Bosda) dengan dana sebaik mungkin sehingga bisa mencukupi unruk proses operasional kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah,akan tetapi meskipun pendidikan ini gratis dan ditanggung Bosda peran komite tetap diperbolehkan untuk berpartisipasi dalam sumbangan pendidikan dari masyarakat. Selain itu juga ada sumbangan pendidikan dari perusahan-perusahan operasional dan terkenal yang membantu adanya penyelenggaraan pendidikan gratis ini.

Kepala Sekolah daerah Lebak mengatakan pihaknya sangat mendukung adanya program pendidikan gratis ini, tetapi ia berkomentar bahwa perlu ada ketepatan waktu dalam pencairan dananya yaitu dana BOS dan BOSDA , karena selama ini pencairan dana BOS terkadang tidak tepat waktu. Akibat keterlambatan pencairan dana tersebut terjadi ketidaknyamanan dalam kegiatan belajar mengajar. Maka dari itu penyelenggaraan biaya dalam program pendidikan gratis ini juga perlu diperhatikan agar dalam pemograman ini dapat terjalin dengan lancar serta tidak terjadi suatu kekhawatiran akan program ini. Kepala sekolah berharap sekolah gratis ini dapat meningkatkan angka melanjutnya tingkat pendidikan bagi mereka yang tidak mampu untuk membiayainya.

Kepala sekolah daerah cilograng juga mendukung adanya program Gubernur Pemprov Banten yaitu program pendidikan gratis  dan Kepala sekolah Cilograng juga sangat memberikan dukungan sangat baik karena ini sangat membantu kaum-kaum miskin dan tidak memutus harapan mereka untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih baik.Guru-guru yang ada di  sekolah tersebut juga terelalisasi serta memberi apresiasi dengan adanya program pendidikan gratis ini. Masyarakat sekitar sekolah ini juga sangat pro terhadap program ini dan sangat berantusias dengan baik serta menjalankan program ini dengan tertib,Pendidikan gratis ini sangat diterima oleh kalangan masyarakat dan kabar baiknya juga sangat menguntungkan banyak kaum khususnya para buruh ,nelayan,dan petani mereka sangat mengapresiasi program ini karena dengan adanya program ini mereka sangat terbantu untuk menyekolahkan anak-anak mereka yang tadinya putus sekolah dikarenakan honor yang tidak mencukupi untuk biaya pendidikan hal ini sangat membantu mereka juga meringankan beban mereka.

Hal lain juga disampaikan para  oleh kepala  sekolah yang ada di cilograng bahwa Program pendidikan gratis ini merupakan gagasan yang luar biasa dan sanga monumental  dalam dunia pendidikan karena gagasan ini terealisasikan ditengah-tengah masyarakat Banten yang menbutuhkan program ini dan juga tepat sasaran.Selain menguntungkan masyarakat Pendidikan Gratis ini juga dapat memicu negara untuk maju dan bisa memperbanyak sumber daya manusia serta  orang-orang luar biasa dengan pendidikan yang baik.

Tidak lupa juga sejumlah kepala sekolah di Kabupaten Lebak mengapresiasi program gubernur Banten ini karena telah memperlakukan biaya gratis untuk berpendidikan sehingga tingkat angka partisipasi kasar (APK) dan angka partisipasi melanjutkan ( APM) meningkat. Karena diberlakukan ini sekolah hampir saja kewalahan karena banyaknya masyarakat yang ingin berpartisipasi serta memanfaatkan program ini untuk menyekolahkan anak-anaknya hal ini lah yang membuat siswa-siswi di kelas sangat meledak angkanya karena partisipasi yang sangat luar biasa.

Kebijakan gubernur Banten ini tidak hanya semata-mata atau hanya beberapa tahun saja kebijakan ini tertulis bahwa masyarakat menerima pendidikan gratis selama 12 tahun bersekolah di sekolah negeri. Semua siswa akan digratiskan biayanya serta mendapatkan fasilitas yang dibiayai oleh dana Bos dan dana lainnya yang sudah mendukung pendidikan gratis ini. Dalam hal ini perlu diperhatikan lagi tidak ada alasan lagi untuk  tidak mau bersekolah dikarenakan biaya karena program ini untuk membantu meningkatnya tingkat pendidikan di Indonesia serta membantu kaum-kaum yang tidak mampu membiayai anak-anaknya berpendidikan agar mendapatkan tempat daya manusia yang lebih layak.

Program ini diperlakukan buka hanya membantu masyarakat saja tetapi juga untuk mengelak para masyarakat yang kurang pemikiran bahwa pendidikan itu penting. Program ini dijalankan agar tidak ada lagi masyarakat yang malas untuk melanjutkan pendidikannya dengan alasan biayanya mahal dan sebagainya. Maka dari itu perlu dukungan bagi masyarakat-masyarakat yang mengetahui bahwa pendidikan itu penting untuk memberikan penjelasan bagi mereka yang sulit berpartisipasi dalam hal berpendidikan. Keuntungan program ini adalah banyak yang memberikan dukungan serta apresiasinya jadi itu dapat membantu masyarakat-masyarakat yang kurang edukasi tentang pendidikan.

Oleh karena itu Gubernur banten juga sangat berterima kasih bagi mereka yang sudah berpartisipasi serta mendukung program ini untuk sama-sama membangun pendidikan yang lebih layak serta membantu negara juga untuk maju. Program gratis ini diadakan agar mereka semua terbantu dan dapat bersekolah dengan baik untuk mendapatkan pengalaman serta wawasan yang lebih luas juga. Gubernur berterimakasih karena juga membantu agar provinsi Banten tidak dipandang sebelah mata lagi serta membuat Banten menjadi lebih unggul karena adanya program tersebut.

*Penulis merupakan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Fisip, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa*

VIDEO PILIHAN