Mohon tunggu...
Theresia Sumiyati
Theresia Sumiyati Mohon Tunggu... Guru - https://www.kompasiana.com/theresiasumiyati8117

Saya seorang ibu dengan 2 orang anak laki-laki. Senang membaca, menulis, dan bermain musik. Hidup terasa lebih indah dengan adanya bacaan, tulisan, dan musik.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Begini Rasanya Jika Tidak Bisa Tidur

24 Juli 2021   12:24 Diperbarui: 24 Juli 2021   12:46 123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Begini Rasanya Jika Tidak Bisa Tidur

Tidur sebuah kebutuhan bagi setiap orang, di samping kebutuhan yang lain. Konon katanya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7 sampai 8 jam per hari. Dengan tidur yang berkualitas akan mendapatkan kesegaran dan semangat baru. Tidur yang berkualitas menurut saya, tidur nyenyak tanpa ada gangguan. Kalau orang Jawa mengatakan blek sek, begitu membaringkan tubuh langsung tertidur tanpa harus melalui proses panjang. Orang-orang yang bisa memiliki tidur berkualitas termasuk orang yang beruntung, karena begitu bangun langsung segar dan penuh semangat. Sebaliknya jika tidak bisa tidur dengan nyaman tubuh akan kurang fit ketika bangun di pagi hari.

Tadi malam saya mengalami hal yang tidak nyaman itu. Saya tidak bisa merasakan nikmatnya tidur. Saya pergi tidur sesuai dengan waktu biasa saya tidur. Setelah berdoa, saya membaca buku yang telah saya siapkan. Biasanya satu paragraf telah berhasil membuat saya tertidur. Akan tetapi tadi malam saya telah membaca dua halaman mata saya masih menciring, tidak ngantuk-ngantuk. Saya keluar kamar nonton acara televisi beberapa menit, tidak membuat saya ngantuk juga.  Jam dinding sudah menunjukkan pukul 01.10 berarti saya sudah kehilangan waktu tidur berapa jam. Saya segera berbaring, ingin lekas tidur. Hasilnya posisi tidur bolak-balik tapi tidak merasakan tidur yang sebenarnya. Malam terasa sangat panjang padahal bukan malam Minggu. Jarum jam terasa lambat berputar, padahal tetap seperti biasa.

Ternyata tidak bisa tidur merupakan hal yang sangat tidak enak. Bagaimana teman-teman yang terpapar virus korona, pasti tidak enaknya dobel. Karena menurut penuturan  teman-teman saya yang sedang isoman, mereka tidak bisa tidur tambah penderitaan yang lain seperti hidung mampat, dan sakit tenggorokan. Belum lagi saraf penciuman yang tidak bisa merespon. Lidah juga tak bisa merasakan manisnya gula, pedasnya cabai, dan pahitnya jamu. Mereka mengalami tidak hanya semalam saja, tetapi bermalam-malam. Paling sedikit 14 hari yang harus dilalui dengan segala ketidaknyamanannya. Semoga mereka kuat dalam menjalani masa yang berat ini. Semoga setelah selesai isoman bisa kembali membau dan mencecap lezatnya masakan, dan merasakan nikmatnya tidur berkualitas.  

Jambi, 24 Juli 2021

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun