Mohon tunggu...
Theresia Hilda K
Theresia Hilda K Mohon Tunggu... Guru - Perempuan

BIO

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Motivasi Mengikuti e-Learning, Membuat Video Pembelajaran

4 April 2019   23:05 Diperbarui: 4 April 2019   23:10 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Halo, jumpa lagi dengan saya, Theresia Hilda. Kali ini saya ingin menulis mengenai motivasi saya belajar membuat video pembelajaran. Ini adalah pembelajaran saya yang ketiga melalui DOGMIT. Mungkin masih banyak pembaca yang belum mengetahui apa itu DOGMIT, oleh karena itu saya sekilas ingin memperkenalkannya pada Anda. DOGMIT adalah singkatan dari Diklat Online Guru Melek IT.

DOGMIT ini dibina oleh Pak Sukani. Diklat online ini mirip dengan offline diklat (diklat tatap muka) hanya saja dikat ini bisa kita kerjakan dari mana saja, kita tidak harus hadir bersama disatu tempat, dimana diklat ini memiliki peserta dari Sabang sampai Merauke. Melalui 2 kali pengalaman saya mengikuti training DOGMIT, banyak hal yang membantu saya untuk dapat mengembangkan pengetahuan dibidang IT khususnya yang dapat membantu dalam proses pengajaran.

Pembelajaran akan terasa lebih menyenangkan jika pembelajaran tersebut dilakukan lewat video. Permasalahan yang muncul adalah sulitnya menemukan video pembelajaran yang cocok dengan materi apa yang ingin kita ajarkan. Maka salah satu alasan saya mengikuti diklat ini adalah saya dapat membuat video pembelajaran yang sesuai dengan apa yang akan saya ajarkan.

Proses pembuatan video dengan materi yang disesuaikan dengan kurikulum sangat menarik bagi peserta didik. Peserta didik dapat meningkatkan kreatifitasnya dengan membuat video pembelajaran sesuai dengan materi yang mereka pelajari. Selain itu, peserta didik juga dapat mengembangkan kemampuan sosialnya seperti kerjasama, tolong-menolong dan sebagainya alam proses pembuatan video ini.

Hal ini memotivasi saya, sebagai gurunya, untuk dapat juga mengembangan diri untuk bisa menolong mereka dalam proses pembuatan video sehingga, sebagai guru, bukan hanya memberikan penugasan namun tidak mengerti apa yang dikerjakan.

Demikian sedikit gambaran apa yang memotivasi saya untuk dapat mengikuti diklat online ini.

Terima kasih sudah membaca catatan kecil saya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun