Mohon tunggu...
Theresia Purnawati Teto
Theresia Purnawati Teto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Tulis Menulis

Yuk berkreativitas

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Cara Praktis Cegah Covid-19

27 Juli 2021   10:30 Diperbarui: 27 Juli 2021   11:06 102 1 0 Mohon Tunggu...

Cara praktis cegah Virus Covid-19
Oleh :
Theresia P. Teto, Mahasiswa Keperawatan UCB

Pada awal tahun 2020, terjadinya penyebaran virus yang mengejutkan dunia. Berawal dari laporan Negara China kepada World Health Organization (WHO). Pada akhir tahun 2019, China memiliki 44 pasien dengan pneumonia berat di wilayah Kota Wuhan, Provinsi Hubei.

Covid-19 adalah infeksi virus baru yang menyebabkan 90.308 per infeksi manusia pada 2 Maret 2020. Virus tersebut adalah strain virus RNA, yang menginfeksi saluran pernapasan. Virus ini menimbulkan gejala umum seperti demam, batuk dan kesulitan bernafas, sehingga tidak ada kontak dekat dengan negara yang terinfeksi.

Aktivitas kita setiap hari melalui kontak fisik dengan lingkungan, virus, bakteri, jamur dan mikroorganisme lainnya dapat menempel pada tangan, beberapa di antaranya dapat menyebabkan berbagai penyakit. 

Oleh karena itu, mikroorganisme tersebut perlu dibasmi atau dicegah penyebarannya. Nah, salah satu cara yang paling sederhana dan tepat adalah dengan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir yang bersih. Jika tidak memiliki air bersih, bisa menggunakan hand sanitizer berbahan dasar alcohol yang disebut hand sanitizer.

Pemberdayaan masyarakat adalah upaya mempersiapkan masyarakat sekaligus bekerja untuk memperkuat kelembagaan masyarakat agar masyarakat dapat mencapai kemajuan, kemandirian, dan kesejahteraan dalam masalah keadilan sosial yang berkelanjutan. 

Selain itu, pemberdayaan masyarakat juga untuk meningkatkan harkat dan martabat masyarakat dalam kondisi kemiskinan dan keterbelakangan saat ini. Dengan kata lain, pemberdayaan membentuk kemandirian masyarakat.

Penggunaan antiseptik untuk membersihkan tangan sudah populer sejak awal abad ke-19. Perkembangan masyarakat saat ini khususnya yang tinggal di perkotaan menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktivitas untuk bergerak secepat mungkin dan menggunakan waktu seefisien mungkin. 

Dalam menghadapi situasi pandemi seperti ini, masyarakat sangat bisa memandirikan diri dengan melakukan berbagai upaya pencegahan. Apalagi mengingat ketetapan aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk menganjurkan segala kegiatan dilakukan dari rumah.

Hand sanitizer berbentuk formulasi gel yang lebih populer di kalangan masyarakat menengah disebut hand sanitizer dan kini menjadi way of life. Ada beberapa 

hand sanitizer yang beredar di pasaran, cara pengaplikasiannya cukup sederhana dan cepat, yaitu diteteskan di telapak tangan dan ratakan di permukaan tangan. Hand sanitizer dalam bentuk sediaan cair yang hiegenis dari bahan tumbuhan (alami) tidak sulit dan tidak membutuhkan biaya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN