Mohon tunggu...
Theresia Angka Wijaya
Theresia Angka Wijaya Mohon Tunggu... seorang penulis

All is Well

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Kenyamanan Belanja Online

5 Oktober 2012   07:12 Diperbarui: 24 Juni 2015   23:14 264 1 0 Mohon Tunggu...

Di jaman yang super modern seperti saat ini, penggunaan internet bagi masyarakat dunia telah menjadi transcends bahkan kebutuhan pokok, tak terkecuali di Indonesia. Pada umumnya, masyarakat Indonesia sebagaian besar telah mengenal, memakai internet untuk kebutuhan sehari – hari mereka seperti sebagai media komunikasi, sebagai sarana mengirim hasil pekerjaan / tugas dengan lebih cepat dan efisien, sebagai sarana informasi.

Beberapa tahun belakangan ini, dunia maya memberikan sentuhan baru bagi pemakai setianya dalam hal bisnis. Maraknya bisnis online diantara pengguna setia internet, meningkatkan kuantitas peminat bisnis bahkan pembisnis untuk menggunakannya sebagai media untuk mencoba mendalami dunia bisnis bahkan memperluas daerah pemasarannya. Hal ini telah membuktikan bahwa internet sudah mengakar ke dalam kehidupan masyarakat modern dan telah menjadi suatu kebutuhan yang harus terpenuhi.

Dengan adanya internet ini, banyak manfaat yang kita peroleh, salah satunya efisiensi. Salah satu sifat dunia modern yakni efisiensi. Bisnis adalah salah satu usaha yang banyak ditekuni oleh masyarakat modern dunia tak terkecuali di Indonesia. Dahulu sebelum internet ditemukan, bisnis hanya dilakukan oleh penjual dan pembeli di satu tempat saja, hanya dapat ditekuni oleh orang yang memiliki kriteria khusus yakni memiliki modal yang kuat, dan tempat yang strategis.

Tetapi dengan adanya internet seperti saat ini, bisnis dapat dilakukan oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja tanpa ada kerumitan antara penjual dan pembeli. Dengan belanja secara online, pembeli dipermudah untuk membeli barang - barang yang dibutuhkan secara cepat dan tepat dengan berbagai pilihan dan harga yang bersaing. Begitu juga dengan penjual, resiko pun dapat diminimalisir dan kerepotan mencari tempat yang strategis tak berarti lagi, penjualan barang dagangan pun lebih cepat dengan adanya internet ini.

Belanja online sekarang ini menjadi primadona di dunia maya yang mampu menarik penggunanya untuk berbelanja serta membawa berkah bagi jasa pengiriman barang dan layanan perbankan. Hal ini dapat terjadi karena barang pesanan di antarkan langsung sampai ke rumah konsumen melalui jasa pengiriman barang agar lebih cepat dan aman, dan arus pembayaran dilakukan secara online juga sehingga lebih efisien melalui jasa perbank’an.

Dengan berbelanja secara online kita sebagai konsumen dimanjakan dengan berbagai fitur yang membantu dalam melakukan belanja online dan aplikasi perbankan yang membantu kelancaran pembayaran, serta tidak disibukan untuk berkeliling ke beberapa tempat untuk mencari dan membeli barang yang kita perlukan. Hanya dengan membuka satu alamat web belanja online kita dapat mencari, melihat, dan membeli barang yang dibutuhkan dengan berbagai tawaran jenis barang yang dijual dalam kondisi baru ataupun bekas dengan harga yang relatif terjangkau dari berbagai tempat di Indonesia maupun luar negeri.

Ketika berbelanja online kita pun harus jeli dalam memilih barang yang akan dibeli apakah sudah benar – benar baik, bagus, dan berkualitas karena saat ini banyak barang palsu yang beredar dan dijual secara online, maraknya penjualan online barang bekas yang dikemas seperti barang baru. Kita juga harus berhati – hati terhadap segala jenis penipuan yang berasal dari belanja online, jangan sampai kita terjebak ketika melakukan transaksi sebelum adanya kesepakatan yang jelas antara penjual dan pembeli agar belanja online berjalan dengan baik dan berkualitas tanpa merugikan salah satu pihak.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x