Mohon tunggu...
Anjas Permata
Anjas Permata Mohon Tunggu... Konsultan - The Architect

Professional Executive, Master Hypnotist, Professional Hypnotherapist, Blogger, Professional Mind Technology, Keynote Speaker, CEO 'Rumah Hipnoterapi' and Founder Hypnotic Empowerment

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Menjadi Manager Sekaligus Leader yang Berkarakter

14 Juli 2021   00:13 Diperbarui: 25 Juli 2021   11:17 607 33 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menjadi Manager Sekaligus Leader yang Berkarakter
ilustrasi manager leader | Sumber: www.fiverr.com

"Pemimpin adalah seseorang yang bisa menciptakan tujuan, menggerakkan ke arah tujuan dan menunjukkan cara mencapai tujuan" (John C. Maxwell)

Menjadi seorang pemimpin bukan perkara mudah, tapi juga tidak susah. Bukankah sebenarnya kita semua adalah pemimpin? Minimal menjadi pemimpin untuk diri sendiri.

Sudah banyak sumber referensi yang membahas tentang kepemimpinan. Namun tidak jarang pemimpin-pemimpin yang mungkin masih kesulitan dalam mengaplikasikan.

Menjadi hal yang lumrah karena soal kepemimpinan minim diajarkan saat sekolah, bahkan bisa jadi tidak ada sama sekali pelajaran yang khusus membahas tentangnya.

Oleh sebab itu banyak orang memimpin dengan gaya "semau gue". Tak ayal kondisi tersebut menyebabkan kurang optimalnya performa dari sebuah tim.

Kondisi di atas pernah saya alami sendiri sewaktu pertama kali mengemban tugas sebagai pemimpin. 

Saat itu saya diberikan kepercayaan untuk memimpin tim sales yang beranggotakan 3 orang.

Karena minimnya pengetahuan, pengalaman serta kurangnya literatur tentang kepemimpinan, hasilnya saya gagal membawa tim untuk mencapai target yang telah ditentukan.

Bagi saya kepemimpinan itu seperti sesuatu yang abstrak. Memimpin itu sebuah seni dan rasa tingkat tinggi. Meski sudah banyak mengikuti seminar, training maupun membaca buku dan artikel, belum tentu seseorang dapat menjadi pemimpin atau bos yang baik.

Oke sebelum melangkah lebih jauh tentang bagaimana menjadi pemimpin yang ideal, baiknya kita memahami dulu perbedaan definisi dari pemimpin, memimpin dan kepemimpinan.

Pemimpin

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x