Mohon tunggu...
Anjas Permata
Anjas Permata Mohon Tunggu... The Architect

Professional Executive, Hypnotist, Hypnotherapist, Blogger, Practitioner Mind Technology, Keynote Speaker, CEO 'Rumah Hipnoterapi' and Founder Hypnotic Self Empowerment (HSE)

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ramadan Saatnya Tingkatkan Keimanan dan Mengasah Keterampilan

15 April 2021   04:57 Diperbarui: 15 April 2021   05:10 484 22 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ramadan Saatnya Tingkatkan Keimanan dan Mengasah Keterampilan
ilustrasi waktu berpuasa/tirto.id

Ramadan adalah bulan yang paling dinanti umat muslim di seluruh penjuru dunia.

Selama 30 hari semua perbuatan baik dan amal ibadah kita akan dilipatgandakan oleh Sang Pencipta. Maka tak heran jika selama Ramadan wajib hukumnya kita memperbanyak ibadah.

Bulan Ramadan juga mempunyai keistimewaan lainnya. Berikut keutamaan dan keistimewaan bulan Ramadan.

Bulan Pengampunan Dosa

Nabi Muhammad SAW bersabda "Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim).

Di bulan Ramadan, Allah Swt membuka pintu selebar-lebarnya kepada siapa saja yang mau bertobat dan memohon ampunan atas segala dosa-dosa yang telah diperbuat.

Bulan Penuh Pahala

Nabi Muhammad SAW bersabda "Pahala umrah pada bulan Ramadan menyamai pahala ibadah haji." (HR. Bukhari dan Muslim). 

Seperti sudah dijelaskan di awal bahwa semua perbuatan baik serta amal ibadah yang kita laksanakan selama bulan Ramadan akan dlipatgandakan pahalanya oleh Allah Swt.

Oleh karena itu mari kita semua meningkatkan ibadah di bulan Ramadan kawan. Berpuasa sebulan penuh, shalat wajib lima waktu, shalat sunnah tarawih, membaca Al Quran, berdzikir dan bershalawat serta shalat tahajud di sepertiga malam.

Tidak hanya soal ibadah, bulan Ramadan juga memberikan kesempatan kepada kita untuk mendapat pahala berlipat ganda dari amal kebaikan. Maka selama Ramadan mari kita terus berbagi kebahagiaan kepada sesama.

Bersedekah, menyediakan takjil dan buka puasa serta amalan baik lainnya. Nabi Muhammad bersabda "Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun juga." (HR. Tirmidzi).

Bulan Penuh Berkah

Nabi Muhammad SAW bersabda "Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian." (HR. Agmad, An-NasaI dan Al-Baihaqi). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x