Mohon tunggu...
thamzilthahir tualle
thamzilthahir tualle Mohon Tunggu... journalist -

lahir di makassar. selalu mencoba menulis apa adanya bukan ada apanya!

Selanjutnya

Tutup

Media

Pengabdian Terakhir Istri Jenderal M Jusuf

24 Oktober 2010   04:32 Diperbarui: 26 Juni 2015   12:09 1276 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pengabdian Terakhir Istri Jenderal M Jusuf
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

SEMUA berduka. Dan, Elly Saelan tentu termasuk di antara yang paling berduka.

‘'mereka selalu tertawa dan bercanda berdua di kamar,'' cerita kerabatnya tentang keseharian Jendral Jusuf dengan istrinya, Elly Saelan.

Setelah meninggalnya sang suami,wanita berdarah Bugis-Manado itu kini tinggal sebatang kara. Anak satu-satunya, Jaury Jusuf Taufik Putra, meniggal 43 tahun yang lalu.

Hampir lima dekade, perempuan berdarah Manado itu setia merawat, menemani Jusuf menjalani tugas sebagai prajurit TNI (sebagai prajurit, Jusuf tercatat dengan Nomor Register Prajurit, NRP, 18102).

Sekitar pukul 02.25 wita, Kamis (9/9) dini hari, sekitar enam jam setelah Jusuf menghembuskan nafas terakhir, ibu Elly (demikian dia kerap disapa), meminta waktu khusus untuk berdua dengan suaminya.

‘'Ibu tak mau diganggu dulu. Sekarang dia berdua di ruang utama, adiknya pun tak bisa masuk. Pokoknya berdua,'' kata seorang kerabat dekat Jusuf ketika tribunmeminta waktu untuk bisa membacakan Al-Quran di depan jenazah almarhum.

Jenazah almarhum Jusuf selama sekitar dua jam memang sepertinya hanya diperuntukkan bagi wanita yang dinikahi Jusuf sekitar paruh pertama tahun 1954 itu.

Di ruang utama itu hening. Tak ada suara. Tangis sebagaimana istri yang ditinggalkan oleh suami yang dicintainya juga tak terdengar. Hening, kudus, dan bersih. Sebersih rumah bercat putih itu.

Di halaman depan rumah, Jl Sungai Tangka, kemenakan sang jendral, Andi ‘'onny'' Tenri Gappa mengutarakan hal serupa.

‘'Tolong ibu jangan diganggu dulu. Jangan biarkan ada yang masuk kamar. Beliau ingin tenang dulu,'' katanya pada Erry, lelaki berusia 40-an yang selama dua tahun dengan telaten merawat sang jendral di Makassar.

Kepada wartawan, andi onny juga mengatakan ibu Elly sangat siap untuk ditinggal sang suami. ‘'ibu sangat siap,''katanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Media Selengkapnya
Lihat Media Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan