Mohon tunggu...
Thamrin Dahlan
Thamrin Dahlan Mohon Tunggu... Saya seorang Purnawirawan Polri. Saat ini aktif memberikan kuliah. Profesi Jurnalis, Penulis produktif telah menerbitkan 24 buku. Organisasi ILUNI Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Mott Menulis Sharing, connecting on rainbow. Pena Sehat Pena Kawan Pena Saran

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Buka Puasa 3 Kali

26 April 2021   05:21 Diperbarui: 26 April 2021   06:56 258 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Buka Puasa 3 Kali
dokumen artotel

Buka Puasa 3 Ronde

Catatan Thamrin Dahlan

"...Bagi orang yang berpuasa akan mendapat dua kegembiraan (iaitu) kegembiraan ketika berbuka puasa dan kegembiraan ketika menemui Tuhannya..." (Riwayat al-Bukhari dan Muslim)

Selamat berbuka puasa di hari ke 13 Ramadhan 1442 Hijriah.  Ketika berbuka puasa atau lebh dikenal dengan sebutan ifthar / tajil  coba hilangkan rasa dendam. Rasa dendam menahan lapar dan haus setelah 14 jam lebih, janganlah diumbar, terlalu banyak makan dan terlalu cepat, kasihan dengan lambung.

Alangkah baiknya bila mampu mengatur pola berbuka puasa itu secara bertahap, agar mempunyai nilai tambah dipandang dari sisi keimanan dan sudut pandang kesehatan. 

Pola ini hanya sebagai suatu alternatif berupa pola berbuka puasa dalam 3 tahapan atau saya menyebutnya 3 ronde seperti pertandingan tinju saja.

Insya Allah bila kita menlaksanakan pola ini kita akan mendapatkan kemenangan, karena sesuai dengan anjuran Nabi Besar Muhammad SAW tentang pola makan yaitu : makanlah diwaktu lapar, berhenti sebelum kenyang dan isi lambung dalam 3 bagian, bagian pertama nasi dan lauknya, bagian kedua isi dengan air dan bagian ketiga dengan udara.

Adapun ketiga ronde itu seperti uraian berikut

Ronde Pertama,

Setelah beduq azan maghrib dikumandangkan, maka minumlah seteguk air teh manis hangat, kemudian bacalah doa buka puasa. Kemudian nikmati satu, dua atau paling banyak 3 butir kurma . Minum lah lagi kalau masih terasa haus, sehingga terasa sekali nikmatnya.

Stop disini,  lanjutkan dengan Shalat Maghrib berjamaah di masjid, seandainya masjid itu lokasinya dalam jangkauan. Akan terasa enteng karena tubuh telah bertenaga kembali setelah meminum dan makan hidangan tajil manis tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN