Mohon tunggu...
Thamrin Dahlan
Thamrin Dahlan Mohon Tunggu... Saya seorang Purnawirawan Polri. Saat ini aktif memberikan kuliah. Profesi Jurnalis, Penulis produktif telah menerbitkan 24 buku. Organisasi ILUNI Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Mott Menulis Sharing, connecting on rainbow. Pena Sehat Pena Kawan Pena Saran

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Setelah Monalisa Apakah R.A. Kartini Juga Akan Memakai Masker?

2 April 2020   17:00 Diperbarui: 2 April 2020   17:19 192 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Setelah Monalisa Apakah R.A. Kartini Juga Akan Memakai Masker?
monalisacorona-5e85ad9bb9c23418235c40e2.jpg

 

dok monalisa pic

Senyum adalah lambang persahabatan antar menusia. Mulailah dengan tersenyum maka dunia ini milik anda. Begitu hebatnya sebuah senyum sampai sampai Monalisa di nobatkan sebagai Ratu Senyum Sedunia. Betapa menawannya senyum Monalisa sehinnga sampai saat ini belum ada wanita ayu yang mampu menandinginya. Fakta buka hoax.

Namun kini kita tidak bisa lagi menyaksikan Monalisa tersenyum.  Pasalnya senyum menawan itu tertutup masker.  Sepertinya Mbak Mona juga menjaga diri agar tidak tertular convid 19.   Inilah bentuk apresiasi seniman di Perancis Negeri Napoleon Bonaparte terkait pandemi global corona yang telah menewaskan hampir 40.000 orang diseantero dunia..

Sehubungan sebentar lagi Negara Kesatuan Republik  Indonesia akan memperingati hari lahir Raden Ajeng Kartini apakah nanti akan muncul foto Ibu Kita Kartini memakai masker.  Entahlah saya tidak mau berspekulasi perihal ekspresi para seniman Indonesia.  Namun satu hal yang tidak bisa dipungkiri apabila sampai tanggal 21 April 2020 virus corona belum juga enyah dari negeri ini saya perkirakan akan muncul animasi RA Kartini memakai masker.   

kartini-5e85b2a4097f367b42475ad4.jpg
kartini-5e85b2a4097f367b42475ad4.jpg
Saya tak ingin berpanjang panjang kali ini membahas convid 19 setelah hampir 20 posting di media sosial.  Hanya saja kita sebagai warga negara yang bertanggung jawab mari menuularkan sikap optimis bahwa Bangsa Indonesia mampu  melawan virus corona.  Berpikir positif dan fokus bersatu tanpa memikirkan lagi kepentingan politik diyakini akan mampu membuat Indonesia bebas convid 19.

Cukuplah cobaan dan musibah ini memporak poranda tatanan sosial dan  ekonomi.  Jangan sampai kita terpecah belah terutama antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.  Ayo bersama kita bisa mematuhi semua arahan berupa stay at home atau dirumah saja. Kemudian Physical Distancing menjaga jarak 1.5 meter bila berkomnikasi disertai menggunakan masker.

Terakhir sediakan sabun dan air mengalir  di fasilitas publik sehingga warga bisa bersegera mencuci tangan. Mudah mudahan 3 pekan kedepan Indonesia bebas corona bersamaan dengan tibanya bulan suci Ramadhan 1441 Hijriah.   Satu hal lagi saya sendiri secara pribadi berharap jangan sampai nanti muncul dokumentasi foro RA Kartini memakai masker.

BHP. 2 April 2020

Salamsalaman

TD   

VIDEO PILIHAN