Mohon tunggu...
Thalita Umaveda Al Hayya
Thalita Umaveda Al Hayya Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga-20107030053

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga NIM 20107030053

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Ketika Portal Itu Berkata, "Anda Dinyatakan Tidak Lulus Seleksi SNMPTN 2021"

24 Maret 2021   07:00 Diperbarui: 24 Maret 2021   07:10 257 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Portal Itu Berkata, "Anda Dinyatakan Tidak Lulus Seleksi SNMPTN 2021"
sumber; ruangmahasiswa.com

Membahas mengenai seleksi masuk perguruan tinggi atau SNMPTN di tahun ini, memang banyak sekali yang sedang membahasnya. Bahkan sempat menjadi trending di twitter beberapa hari yang lalu. Mereka para pejuang SNMPTN banyak yang mengunggah perasaan bahagia mereka dengan memposting hasil screenshot berupa pernyataan jika mereka berhasil lulus SNMPTN. Sebelumnya, saya ucapkan selamat kepada para pejuang SNMPTN yang berhasil lulus. Dan bagi pejuang lain yang belum mendapat kesempatan yang sama untuk lulus, kalian adalah orang-orang hebat. Kalian juga merupakan orang-orang pilihan yang ditetapkan Tuhan agar dapat berusaha lagi dengan semangat yang sama.

Pernyataan mengenai SNMPTN bukan satu-satunya jalan untuk meraih kesuksesan sangatlah benar. SNMPTN hanyalah satu dari sekian cara yang dapat dilakukan untuk mencapai perguruan tinggi yang diimpikan. Diterima atau tidaknya, hal tersebut bukanlah akhir dari sebuah perjalanan. Bukan berarti saat kamu gagal di SNMPTN, kamu juga akan gagal di jalur yang lain. Kegagalan di SNMPTN, tidak menjadikanmu sebagai manusia yang akan gagal seumur hidup. Kamu masih bisa mengejar mimpimu, cita-citamu, apapun itu sesuai dengan apa yang selama ini kamu harapkan. Masih banyak jalan menuju Roma, masih banyak jalan yang dapat kamu tempuh. 

Pun dengan dimana nantinya kamu akan diterima, dimanapun universitas yang berhasil kamu masuki, semua akan kembali padamu. Universitas dengan akreditasi yang baik tak selamanya akan membuatmu sukses apabila kamu tidak memiliki kemauan untuk berhasil. Sama halnya jika nantinya kamu berhasil masuk di universitas yang tidak terlalu dikenal oleh banyak orang, tak apa. Selama kamu masih memiliki kemauan, maka dimanapun kamu menuntut ilmu kamu akan menjadi 'besar' dengan usahamu sendiri.

Pada tanggal 15 hingga 24 Februari kemarin, kalian telah mendaftar dengan harapan yang sama agar dapat menjadi bagian dari perguruan tinggi yang ingin kalian masuki. Namun saat tanggal 22 Maret, saat pengumuman SNMPTN, tak semuanya mendapat kesempatan yang sama. Tak apa, gagal di SNMPTN bukan akhir dari segalanya. Bagi kalian yang masih memiliki semangat juang, terdapat banyak cara yang masih bisa dilakukan untuk meraih perguruan tinggi impian.

SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disebut dengan SBMPTN adalah jalur selanjutnya yang dapat dicoba. SBMPTN ini dikatakan memiliki keuntungan yang lebih besar karena dilakukan dengan lebih efisien, murah, dan juga fleksibel dengan adanya sistem mekanisme antar wilayah. Sementara untuk SBMPTN di tahun 2021 sudah dimulai pendaftarannya sejak tanggal 15 Maret hingga 1 April 2021 kemarin, untuk pelaksanannya sendiri akan dibagi menjadi 2 gelombang, 

gelombang pertama yang akan dilaksanakan pada 12 hingga 18 Apri 2021 dan juga gelombang kedua yang akan diadakan pada tanggal 26 April hingga 2 Mei 2021. Berbeda dengan SNMPTN, pelaksaan SBMPTN ini mengharuskan pendaftarnya untuk menjawab soal-soal dengan materi berupa Tes Potensi Skolastik (TPS) dan juga Tes Kompetensi Akademik (TKA). Setelah mengikuti tes, maka pejuang SBMPTN hanya tinggal menunggu hasil pengumumannya pada tanggal 14 Juni 2021. Untuk penilaian hasil SBMPTN 2021 ini dapat menggunakan UTBK saja atau hasil seleksi dan kriteria lain. Hal ini tergantung dari ketetapan di tiap universitas.

Ujian Mandiri

Kebanyakan perguruan tinggi, baik itu perguruan tinggi negeri maupun swasta akan membuka tes masuk ujian mandiri. Apa itu? Yakni tes atau seleksi yang diadakan oleh masing-masing universitas sesuai dengan ketentuan universitasnya masing-masing. Hal yang perlu diketahui tentang seleksi mandiri ini adalah, pendaftar langsung melakukan proses pendaftaran ke universitas yang dituju bukan melalui portal yang sama seperti SNMPTN atau SBMPTN. 

Selain itu peserta juga diharuskan untuk membayar uang pendaftaran dengan nominal yang berbeda-beda, tergantung dari universitas mana yang dituju. Sementara itu bagi peserta yang berhasil lulus melalui jalur mandiri ini juga akan mendapatkan besaran uang kuliah yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan peserta lain yang berhasil lulus dari jalur SNMPTN maupun SBMPTN.

UM-PTKIN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN