Digital

Evolusi Radio: Radio dalam himpitan Teknologi Milenial

16 Mei 2019   09:40 Diperbarui: 16 Mei 2019   10:12 10 0 0

BAB I





PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Radio adalah siaran (pengiriman) suara atau bunyi melalui udara, pemancar radio, atau pesawat radio (KBBI). Secara umum radio didefinisikan sebagai teknologi pengiriman sinyal dengan cara pengubahan gelombang untuk menyampaikan bunyi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan perantara. Radio telah menjadi bagian dari teknologi komunikasi selama lebih dari seabad silam. Radio telah berkembang pesat dari segi penyajian informasi, tujuan penyiaran, media yang digunakan untuk mengakses.

Radio bermetamorfosis dari fungsi utamanya sebagai alat penyiaran kini berkembang menjadi beragam fungsi dan motifnya, seperti media jurnalisme, misi dakwah, pengiklanan, dan sarana hiburan. Meski radio tergolong sebagai media informasi yang paling lama dan kini untuk mendapatkan informasi sangat mudah diakses, namun radio tidak kehilangan pendengar setianya.Secara teknis, teknologi radio juga berkembang pesat dari yang sebelumnya hanya bisa diakses dengan media konvensional, kini dengan mudah bisa dinikmati pada media online.Adalah Radio satelit, yaitu radio yang mentransmisikan gelombang audio menggunakan sinyal digital.

berbeda dengan sinyal analog yang menggunakan gelombang continue (kelanjutan), gelombang suara ditransmisikan melalui sinyal digital yang terdiri atas kode-kode biner 0 dan 1. Sinyal ini ditransmisikan ke daerah jangkauan yang jauh lebih luas karena menggunakan satelit. karena perangkat yang mahal (menggunakan satelit) membuat sistem ini komersil. pendengar harus berlangganan untuk dapat mendengarkan siaran radio.

 Meskipun begitu kualitas suara yang dihasilkan sangat jernih, tidak lagi terdapat noise seperti siaran radio konvensional.Berbeda dengan dengan Radio Satelit, Podcast adalah file-file media digital yang berseri (baik itu audio atau video) yang dirilis secara episodik dan biasanya didownload melalui sindikasi web. Salah satu kelemahan dari radio konvensional adalah kita harus mendengarkan pada saat yang bersamaan penyiar menyiarkan siaran tersebut.

Dengan Podcast, kita dapat mengunduh file podcast kapan saja yang anda mau, dan mendengarkannya kapan saja yang anda mau (dan ada waktu) dimana saja. Kemudahan lain, kita dapat membawa iPod dimana saja kapan saja dengan mendengarkan berita-berita terbaru tanpa terbatas waktu.

1.2 Rumusan MasalahBerdasarkan latar belakang, dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:

1.

Bagaimana perkembangan alat penyiaran radio?

2. Apakah perkembangan teknologi informasi mempengaruhi akses orang mendapatkan siaran radio?

3. Apa kelemahan-kelemahan teknologi radio?

4. Bagaimana cara radio bertahan dari perkembangan teknologi informasi?

5.Adakah pergeseran fungsi radio?

1.3 Batasan MasalahMedia penyiaran saat ini sangat beragam seperti TV, Media Sosial, telepon. Tetapi karya tulis hanya akan membahas teknologi penyiaran radio.1.4 Tujuan PenulisanTujuan penulisan karya tulis adalah sebagai berikut.1. Untuk mengetahui perkembangan fungsi radio.2. Untuk mengetahui perkembangan teknologi radio.3. Memberikan informasi kepada pembaca mengenai fungsi dan teknologi radio dari masa ke masa4. Untuk memenuhi profil lulusan SMP Labschool Jakarta.1.5 Teknik Pengumpulan DataTeknik pengumpulan data yang digunakan dalam kualitatif, melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan media internet.

BAB I

PENDAHULUAN

  • Latar Belakang

Radio adalah siaran (pengiriman) suara atau bunyi melalui udara, pemancar radio, atau pesawat radio (KBBI). Secara umum radio didefinisikan sebagai teknologi pengiriman sinyal dengan cara pengubahan gelombang untuk menyampaikan bunyi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik).

Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan perantara. Radio telah menjadi bagian dari teknologi komunikasi selama lebih dari seabad silam. Radio telah berkembang pesat dari segi penyajian informasi, tujuan penyiaran, media yang digunakan untuk mengakses.Radio bermetamorfosis dari fungsi utamanya sebagai alat penyiaran kini berkembang menjadi beragam fungsi dan motifnya, seperti media jurnalisme, misi dakwah, pengiklanan, dan sarana hiburan.

Meski radio tergolong sebagai media informasi yang paling lama dan kini untuk mendapatkan informasi sangat mudah diakses, namun radio tidak kehilangan pendengar setianya.Secara teknis, teknologi radio juga berkembang pesat dari yang sebelumnya hanya bisa diakses dengan media konvensional, kini dengan mudah bisa dinikmati pada media online.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6