Mohon tunggu...
Okti Li
Okti Li Mohon Tunggu... Freelancer - Ibu rumah tangga suka menulis dan membaca.

"Pengejar mimpi yang tak pernah tidur!" Salah satu Kompasianer Backpacker... Keluarga Petualang, Mantan TKW, Indosuara, Citizen Journalist, Tukang icip kuliner, Blogger Reporter, Backpacker,

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Geumsig Teugbyeolhan (Puasa Istimewa)

14 April 2021   14:38 Diperbarui: 14 April 2021   14:46 997
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bulan puasa kali ini sangat istimewa untuk saya. Diawali dengan pertengkaran keluarga, lalu nyinyiran tetangga karena kami memilih beda. Sungguh geumsig teugbyeolhan (puasa yang istimewa).

Jelang puasa, ibu saya marah. Ia salah paham mengira saya dan adik saya tidak ziarah ke makam almarhum bapak. Padahal, saya bersama anak dan suami sudah ke makam bapak beberapa hari sebelum hari nisfu. Begitu juga adik saya, ia bersama istri dan anaknya nyekar ke makam bapak yang dimakamkan di pemakaman keluarga besar dari pihak ibu itu hari Sabtu sore, sepuluh hari menuju bulan Ramadan.

"Soalnya tidak ramai-ramai. Biasanya kan sekalian papajar, barengan ke sananya." Ibu saya mengungkapkan keheranannya.

"Mah, beda lagi atuh sekarang mah kan lagi musim corona." Adik saya menjelaskan.

Tapi maklum orang tua, mungkin baginya tidak mudah untuk merubah tradisi. Meski sudah merasakan sendiri bagaimana sakit dan menderita karena corona virus.

Ya. Ibu saya akhir tahun 2020 ditakdirkan positif covid-19. Saat itu ibu bersama rombongan majelis taklim dari kecamatan habis menghadiri acara peringatan Maulid Nabi di kota. Dari sekian banyak yang berangkat, ada lima orang teman ibu yang bersamaan jatuh sakit dengan gejala yang sama. Dua orang diantaranya meninggal dunia. Termasuk seorang ustadz pembimbing.

Selama sebulan lebih, kami merawat Ibu secara bergantian. Apalagi setelah melakukan isolasi mandiri di rumah, kami semua anak cucunya pasrah. Yang bisa kami upayakan tetap melakukan protokol kesehatan sesuai anjuran tim medis.

Awal tahun 2021 alhamdulillah ibu sudah lebih sehat. Namun saya dan adik sepakat untuk tidak membiarkan ibu beraktivitas seperti sebelumnya. Adik saya yang tinggal satu kampung dengan ibu bertugas mengawasi ibu. Takutnya ibu ngeyel masih mau datang ke pengajian, atau lupa tidak menerapkan 3M.

Bukan kami membatasi kebebasan ibu, tapi sesuai informasi dari satgas covid-19 Kabupaten, bahwasanya penyebaran covid-19 sudah sampai di daerah Selatan. Termasuk daerah dimana saya dan ibu tinggal yang hanya tetangga kecamatan ini.  Saya dan adik tidak mau ambil resiko. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?

Namun mungkin prasangka ibu, kami anak-anaknya ini bersikap beda. Dianggapnya kami sudah tidak mengindahkan kebiasaan berziarah ke makam orang tua. Termasuk ketika sebelum puasa tiba saat ziarah ke makam bapak, kami yang biasanya barengan, kemarin memang berangkat terpisah. Salah kami juga sih tidak memberitahukan semua rencana ini lebih dahulu kepada ibu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun