Mohon tunggu...
Tessalonika Simanullang
Tessalonika Simanullang Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Bless

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Andum Berkah Bolu Rahayu Kota Magetan

22 Oktober 2021   22:12 Diperbarui: 22 Oktober 2021   22:25 110 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia merupakan negara kepulauan, yang mana terdapat begitu banyak pulau berjajar dari sabang sampai merauke. Dari begitu banyaknya pulau di Indonesia tentu saja terdapat kebudayaan yang berbeda di masing-masing daerah dalam pulau tersebut, meliputi suku, bahasa, dan adat istiadat. 

Hal ini membuktikan bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya. Adanya perbedaan kebudayaan ini menyebabkan terbentuknya identitas di setiap daerah. 

Mengapa kebudayaan bisa menjadi identitas daerah? Karena ciri khas kebudayaan yang dimiliki oleh masing-masing daerah bisa menjadi pembeda sekaligus melambangkan kepribadian daerah tersebut. 

Identitas sendiri merupakan gambaran yang mencerminkan ciri maupun jati diri seseorang maupun kelompok yang menjadi pembeda dengan yang lain. Sedangkan identitas daerah adalah ciri dan keunikan yang dimiliki oleh suatu daerah yang membedakannya dengan daerah lain. 

Maka dari itu, kebudayaan dapat dikatakan sebagai identitas dari setiap daerah. Salah satu contoh kebudayaan yang menjadi identitas daerah yaitu tradisi Andum Berkah Bolu Rahayu, tepatnya tradisi yang berasal dari kota Magetan, Jawa Timur. 

Tradisi ini sudah sangat terkenal di Magetan karena biasanya diadakan tiap satu tahun sekali untuk menyambut tahun baru Muharram atau tahun baru Islam. Tradisi ini merupakan tradisi puncak acara dari festival ledhug Suro yang juga merupakan salah satu tradisi kota Magetan.

Magetan merupakan kota pariwisata yang berada di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini memiliki banyak sekali kebudayaan yang masih dilestarikan dan diadakan perayaannya sampai saat ini. Salah satu kebudayaan yang paling terkenal sekaligus menjadi identitas dari kota Magetan ini, yaitu tradisi Andum Berkah Bolu Rahayu. 

Di kota Magetan, khususnya kabupaten Magetan pasti setiap tahunnya menyelenggarakan begitu banyak acara dan tradisi, salah satunya tradisi Bolu Rahayu ini. 

Tradisi ini diadakan untuk menyambut tahun baru Muharram atau tahun baru Islam. Andum Berkah Bolu Rahayu ini merupakan acara puncak dari serangkaian perayaan yang di adakan di kota Magetan ini. 

Awalnya perayaan dibuka dengan festival Ledhug Suro, kemudian berlanjut Kirab Nayogo Projo dan terakhir Bolu rahayu.

Andum Berkah Bolu Rahayu merupakan tradisi berebut bolu yang diikuti oleh masyarakat kota Magetan. Bolu Rahayu ini adalah salah satu makanan khas kota Magetan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan