Mohon tunggu...
Tera Audia
Tera Audia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia

Mahasiswa Psikologi 22 Universitas Islam Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengapa Remaja Melakukan Self-Harm?

28 November 2022   15:30 Diperbarui: 28 November 2022   15:37 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Self Harm merupakan bentuk upaya melakukan sesuatu yang menyakiti diri sendiri secara emosi ataupun fisik. Melampiaskan rasa sakit dengan menyakiti diri sendiri bukanlah suatu hal yang wajar, akan tetapi banyak remaja yang memilih untuk melampiaskan kekesalan, kegagalan, stress, rasa bersalah, cemas, sedih, kesepian dalam dirinya dengan melakukan Self Harm. Hal ini dilakukan dengan sengaja untuk mendapatkan perasaan atau kepuasan tersendiri.

 

Pelaku Self Harm paling sering adalah remaja dan dewasa muda. Kebanyakan remaja melakukan Self Harm akibat kekecewaan kemudian tidak tahu cara melampiaskan rasa trauma, sakit, dan tekanan secara psikologis pada dirinya karena sulit untuk mengekspresikan emosi dan perasaan. Kebiasaan menyakiti diri biasa dilakukan saat seseorang merasa bersalah terhadap suatu hal, sehingga menyakiti diri adalah jalan pintasnya.

 

Self Harm merupakan salah satu bentuk dari gangguan perilaku dengan penyakit kejiwaan. Banyak faktor yang menjadi alasan seseorang melakukan hal tersebut, bahkan salah satu faktornya dekat dengan kehidupan sehari-hari, misalnya :

* Trauma psikologis

Orang yang megalami trauma psikologis rentan akan melakukannya kembali. Perasaan ini muncul saat kehilangan seseorang yang dikasihi atau pernah menjadi korban kekerasan secara fisik dan emosional. Membuat seseorang merasa hampa, rendah diri, mati rasa, kemudian melampiaskannya dengan cara melukai tubuh.

* Masalah Sosial

Menghadapi masalah sosial tertentu juga menjadi salah satu faktor terjadinya Self Harm bagi beberapa orang, rentan bagi korban bullying dan orang-orang yang sedang menghadapi kesulitan.

* Gangguan Mental

Gangguan mental menjadi salah satu faktor paling banyak menyerang terjadi Self Harm. Terdapat beberapa jenis gangguan mental yang ditandai dengan perilaku melukai diri sendiri seperti stress, depresi, dan mood swing. Pelaku gangguan ini membutuhkan penanganan dari psikiater, harus diberikan perhatian yang khusus dan pemahaman bahwa dirinya berharga tidak pantas untuk terus dilukai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun