Mohon tunggu...
Teopilus Tarigan
Teopilus Tarigan Mohon Tunggu... Sekretaris - Pegawai Negeri Sipil

Pro Deo et Patria

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Manfaat dari Keseruan Mengisi TTS

25 November 2021   23:10 Diperbarui: 26 November 2021   12:18 454 24 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sampul buku TTS (Dokumentasi Pribadi)

Awal kegemaraan saya mengisi teka teki silang (TTS) bermula sejak masih duduk di kelas 3 SD. Saat itu saya tinggal bersama kakek dan nenek di desa selama sekitar empat bulan menunggu kenaikan kelas. Selanjutnya saya pindah sekolah, menyusul bapak dan ibu yang sudah duluan pindah ke kota karena pekerjaan.

Kakek, ayah dari ibu saya, sangat gemar mengisi TTS. Dia berprofesi sebagai guru pada sebuah sekolah dasar negeri di desa tetangga.

Usai mengajar, kakek membantu nenek mengolah sebidang tanah dengan menanami berbagai jenis tanaman. Kami keluarga petani.

Menurut ukuran saya pada masa itu, kakek yang dalam bahasa Karo kami panggil "bulang" termasuk orang terpelajar di desa. Tulisan tangannya bagus meskipun saat mengisi TTS. Perbendaharaan katanya juga sangat memukau, jarang ada kotak TTS yang kosong atau tercoret karena kesalahan mengisi.

Selain itu kakek suka membaca. Itu saya yakini karena ia berlangganan majalah "Tenah". Itu adalah sebuah majalah bulanan yang berisi berbagai ulasan tentang budaya Karo.

Selain majalah itu, kakek juga memiliki banyak koleksi buku untuk anak-anak dan remaja. Ada novel, kumpulan cerpen, buku-buku tentang budaya, sejarah Indoesia dan dunia. Dan tentu saja banyak sekali buku TTS yang semuanya nyaris terisi penuh, serta tersusun rapi pada sebuah rak sederhana di sudut rumahnya.  

Dia juga fasih melakukan percakapan dalam bahasa Inggris. Tak jarang kakek menjadi pemandu wisata bagi turis-turis asing yang datang untuk melihat-lihat beberapa rumah adat Karo yang masih berdiri di desa kami. Itu adalah masa-masa pada sekitar tahun 1992 hingga 1993.

Bila saya merefleksikan masa-masa ketika tinggal di desa bersama kakek dan nenek, gambaran tentang pribadi kakek itu ada hubungannya dengan kegemarannya mengisi TTS. Dari segudang manfaat mengisi TTS, ini empat di antaranya.

1. Meningkatkan Penguasaan Kosakata

Dari berbagai jenis dan bentuk TTS, seperti isi kata dan cari kata, serta teka teki angka, saya lebih menyukai TTS dengan pertanyaan dan jawaban isian mendatar dan menurun. Dari sana kita bisa menemukan banyak kosakata baru yang sebelumnya mungkin tidak pernah  kita dengar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan