Mohon tunggu...
Teopilus Tarigan
Teopilus Tarigan Mohon Tunggu... Pegawai Negeri Sipil

https://www.youtube.com/channel/UC23hqkOw50KW12-6OHvnbQA

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

"Home", Matematika Cinta Keluarga, Lagu Persamaan Linear Dua Variabel

1 April 2021   11:20 Diperbarui: 1 April 2021   11:43 314 32 7 Mohon Tunggu...

"Home", baik dalam tinjauan kelas kata benda, kata sifat, maupun kata kerja, akan membawa kita sampai kepada keluarga, yang kepadanya kita ingin selalu kembali. Rumah adalah tempat keluarga untuk bernanung dan karenanya ia penuh dengan cinta. Sebuah tempat, di mana anggota keluarga selalu ingin pulang ke sana.

Bila kita memakai rumus persamaan linear dengan dua variabel sebagai contoh sederhana, maka lead di atas bisa dirumuskan menjadi: Rumah + cinta = keluarga, dan bila ditranslasi akan menjadi: house + love = home. Mengapa perlu ditranslasi?

Translasi dalam matematika adalah perpindahan semua titik sejauh jarak yang sama dalam satu arah. Oleh sebab itu, translasi merupakan suatu gerak lurus (linear). Sementara itu, translasi dalam bahasa adalah proses penerjemahan dari suatu bahasa ke bahasa lain.

Dengan proses translasi dalam dua sudut pandang itu, matematika dan bahasa, maka kita akan mendapatkan sebuah kesimpulan dengan memakai metode eliminasi. Metode ini digunakan untuk mencari himpunan penyelesaian dari suatu sistem persamaan linear dengan dua variabel, dengan cara mengeliminasi (menghilangkan) salah satu variabelnya.

Tidak persis sama, tapi dengan memakai prinsip eliminasi dan translasi ini, kita akan mengeliminasi variabel-variabel yang sama, sehingga yang tinggal tersisa adalah himpunan penyelesaian yang bisa dikatakan sebagai hasil. Dalam contoh sederhana ini, bila kita mengeliminasi rumah dan cinta, serta house and love dalam bentuk translasinya, maka yang tinggal tersisa adalah keluarga dan home.

Bila rumus penemuan himpunan penyelesaian ini menarik, maka itu adalah gambaran bahwa keluarga memang sudah seharusnya dipenuhi oleh hal-hal yang menarik, sehingga kita merindukannya dan selalu ingin pulang ke sana. Sebaliknya, bila hal ini malah terasa rumit dan membingungkan, maka begitu pula gambaran yang sering terjadi di tengah keluarga.

Terkadang hal yang mungkin sepele justru menjadi rumit dalam sebuah konflik keluarga. Namun, mari lihat lebih dekat, tidakkah kerumitan keluarga itu merupakan gambaran suatu proses translasi dan eliminasi dari berbagai variabel, yang justru akan membuatnya menjadi lebih menarik dan kaya makna?

Dalam sebuah keluarga akan selalu lahir persamaan yang menghasilkan kesimpulan, bila berbagai variabel perbedaan mampu diterjemahkan melalui sebuah gerak searah. 

Berikut ini kita akan menikmati alunan sebuah lagu yang mungkin akan membuat kita terhubung secara emosional, berjudul "Home", yang dinyanyikan oleh Michael Bubble. Setiap orang bisa merasa terhubung manakala ia tersentuh pada titik perasaan yang sama. Sebab tidak ada manusia yang tidak memiliki keluarga.

Bahkan bila mengutip moto yang sangat terkenal dari FIDE, wadah internasional bagi federasi catur negara-negara di dunia, bahwa kita semua adalah satu keluarga, "gens una sumus."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x