Mohon tunggu...
Teopilus Tarigan
Teopilus Tarigan Mohon Tunggu... Pegawai Negeri Sipil

https://www.youtube.com/channel/UC23hqkOw50KW12-6OHvnbQA

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Artikel Utama

Perlunya Keseimbangan Perilaku Etis dan Pemahaman Teologis, di Jalan Lain ke Terra Incognita

12 April 2020   19:28 Diperbarui: 13 April 2020   04:32 328 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perlunya Keseimbangan Perilaku Etis dan Pemahaman Teologis, di Jalan Lain ke Terra Incognita
Map of North America from 1566 showing Italian inscriptions, both Terra In Cognita and Mare In Cognito (Sumber: faszination-kanada.com/)

Sebagaimana dikutip dari Cambridge Academic Content Dictionary yang diterbitkan oleh Cambridge University Press, terra incognita, dari kelas kata benda, didefinisikan sebagai "unknown territory, an unexplored country or field of knowledge." 

Sebuah kawasan yang belum diketahui, negeri atau lapangan pengetahuan yang belum dijelajahi.

Ketika pembuat peta pada zaman Romawi kuno menggambar daratan yang belum pernah dijelajahi oleh siapapun, mereka sering memberinya label "Terra Incognita", yang berarti "kawasan yang belum diketahui". Istilah itu terus dipakai hingga berabad-abad kemudian.

Ketika Columbus dan anak buahnya menyeberangi Samudera Atlantik pertama kali, mereka memasuki sebuah kawasan yang diberi label terra incognita. Itu adalah daratan yang kemudian diberi nama "New World".

Sebuah kawasan yang dilabeli dengan terra incognita pertama kali dijelajahi pada tahun 1611. Pada kamus English Language Learners Dictionary itu didefinisikan sebagai "a place that has not been discovered or that is unknown", tempat yang belum ditemukan atau diketahui. Namun, istilah itu kemudian digunakan juga dalam bidang eksplorasi mental psikologis manusia.

Bagi sebagian besar kita, subjek seperti fisika, atau drama Perancis abad ke-17, dan mekanika, mungkin adalah juga bentuk terra incognita pada mulanya. Kita hanya bisa berharap untuk hidup cukup lama, agar bisa menjelajahi sebagiannya suatu hari nanti.

Termasuk pengertian terra incognita dalam konsep ini, adalah perubahan-perubahan sosial dalam kehidupan manusia yang terjadi kemudian. Perkembangan zaman dan perubahan lingkungan, telah membawa manusia ke terra incognita dalam terjadinya perubahan sosial yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. (Clay Skipper, GQ, "Michael Pollan on Why Psychedelics Might Save Us All," 18 May 2018).

Dalam kehidupan sehari-hari, dalam kaitannya dengan waktu menyongsong masa depan, sebagai masa yang belum datang, bisa juga dikaitkan sebagai sebuah konsep perjalanan menuju terra incognita. Itu adalah sebuah perjalanan memasuki bentangan kawasan masa depan yang belum terpetakan.

Memang berbeda dengan pelayaran samudera sebagaimana pada masa Columbus, yang bermodal peta buatan orang-orang dari zaman Romawi kuno. Pada masa kini, matematika dan ilmu komputer telah berkembang dengan pesat.

Manusia bahkan telah mengembangkan kecerdasan buatan yang berbasis algoritma. Itu adalah prosedur langkah demi langkah untuk melakukan penghitungan secara akurat.

Algoritma digunakan untuk penghitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis. Algoritma juga menyediakan metode efektif yang diekspresikan sebagai rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi yang telah didefinisikan dengan baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x