tendi mauza
tendi mauza

mhs.Unindra_physics teacher

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Yang Harus Dimiliki Generasi Penerus Bangsa Abad 21

17 Mei 2018   06:40 Diperbarui: 17 Mei 2018   06:54 470 0 0

Pada abad 21, orang-orang tinggal dalam lingkungan yang diliputi oleh media dan teknologi, hal ini ditandai dengan berbagai karakteristik termasuk: 1) mengakses informasi yang berlimpah, 2) perubahan yang sangat cepat pada peralatan teknologi, dan 3) kemampuan untuk berkolaborasi dan membuat seorang individu untuk berkontribusi pada tingkatan yang tak terduga. 

Agar terjadi efektifitas pada abad 21 maka warga negara dan pekerja harus dapat menunjukkan cakupan fungsi dan kemampuan berpikir kritis yang berhubungan dengan informasi, media dan teknologi.

Abad ke 21 atau lebih dikenal dengan abad millennium memberikan kesempatan kepada teknologi untuk berkembang dengan cepat.Dengan berbagai karakteristik yang ada pada abad 21, seorang individu juga harus mampu untuk dapat bertahan hidup dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Ada 3 hal pokok yang harus dimiliki generasi abad-21 agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman dan mampu bersaing dengan orang lain dan bangsa lain dalam berbagai bidang termasuk teknologi dan ekonomi,yaitu :

1.Karakter 

Karakter atau watak adalah sifat batin yang memengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, dan tabiat yang dimiliki manusia atau makhluk hidup lainnya (wikipedia).

Ada 2 jenis karakter yang harus dimiliki,yaitu :

a. Karakter Moral 

Karakter moral adalah watak atau kepribadian individu yang datang dari dalam diri dan menjadi ciri individu tersebut. Contoh-contoh karakter moral diantaranya : keimanan dan ketakwaan  terhadap agama,Kejujuran, rendah hati, Tanggung Jawab, Kemandirian, Menghargai, Kesederhanaan, Berbagi,dsb.

b. Karakter Kinerja 

Karakter kinerja adalah watak atau kepribadian individu yang ia tampilkan sebagai sikapnya dalam melakukan pekerjaan dan menjadi ciri individu tersebut. Contoh-contoh karakter kinerja : kerja keras,kerja cerdas,kerja tuntas,tanggung jawab, ulet, tangguh dan tak mudah menyerah,dsb.

2. Kompetensi

Kompetensi abad 21 adalah komptensi atau kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang individu untuk dapat menjalani kehidupannya dengan baik di abad 21 ini. Kompetensi tersebut meliputi :

1. Creativity and Innovation

Manusia yang akan sukses di abad 21 adalah orang-orang yang kreatif dan memiliki keberagaman ide (dalam berbagai bidang termasuk dalam Usaha). Sehingga, dalam dimensi kreatif ini, manusia Tidak lagi hanya mengandalkan  kemampuan pada level mendeskripsikan sesuatu, namun manusia juga harus  mampu mengembangkan, melaksanakan, dan mengaplikasikan  gagasan-gagasan baru serta  bersikap terbuka dan responsif terhadap perspektif baru dan berbeda.

2. Critical Thinking and Problem Solving

Manusia pada abad-21 dituntut mampu menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk berusaha menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya dengan mandiri, manusia pada abad ini juga harus memiliki kemampuan untuk menyusun dan mengungkapkan, menganalisa, dan menyelesaikan masalah.

3. Communication

Di abad 21, manusia mampu bertahan adalah yang bisa berkomunikasi dengan berbagai cara, baik tertulis maupun verbal. Manusia pada abad ini dituntut untuk memahami, mengelola, dan menciptakan komunikasi yang efektif dalam berbagai bentuk dan isi secara lisan, tulisan, dan multimedia.

Dengan komunikasi yang baik manusia akan sangat mudah dalam beradaptasi, bersosial, dan dalam menjalin kerja sama-kerja sama dengan manusia yang lainnya.

4. Collaboration
Pada abad 21 manusia tidak tergantung lagi pada persaingan. Justru, orang-orang sukses di abad ini adalah orang-orang yang bisa bekerja sama atau berkolaborasi dengan yang lain dalam berbagai kepentingan. Manusia pada abad ini harus mampu menerapkan kemampuannya dalam kerjasama berkelompok dan kepemimpinan, beradaptasi dalam berbagai peran, tanggungjawab, bekerja secara produktif dengan yang lain, menempatkan empati pada tempatnya, menghormati perspektif berbeda, menjalankan tanggung jawab pribadi dan fleksibitas secara pribadi pada tempat kerja dan hubungan masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2