Mohon tunggu...
TENAGA AHLI TENAGA TERAMPIL
TENAGA AHLI TENAGA TERAMPIL Mohon Tunggu... Mengulas Tentang Tenaga Ahli dan Terampil
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Mengulas tentang tenaga ahli dan tenaga terampil

Selanjutnya

Tutup

Thrkompasiana

"Maleman" Laitul Qadar di Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan, Jawa Timur

30 Mei 2019   02:25 Diperbarui: 30 Mei 2019   02:38 0 0 0 Mohon Tunggu...
"Maleman" Laitul Qadar di Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan, Jawa Timur
dok ponpes ngalah

Acara rutinan : maleman setiap malam ganjil 10 hari terahir bulan romadhon, di pesantren ngalah pasuruan sudah berjalan semenjak tahun 1985.
Yang di pimpin  langsung oleh KH. Moh. Sholeh Bahruddin.

ngalah dokumen
ngalah dokumen

Pondok Pesantren Ngalah atau yang disingkat dengan PPN dan yang lebih dikenal dengan sebutan Pondok Ngalah merupakan salah satu Pondok Pesantren yang bertempat di Kabupaten Pasuruan. Pondok Ngalah didirikan oleh KH. Moh. Sholeh Bahruddin Kalam pada bulan 30 Agustus 1985 Masehi atau bertepatan dengan Jum'at Pahing bulan 14 Dzulhijjah tahun 1405 Hijriyah. Sama halnya dengan Pondok Pesantren yang lain tentunya Pondok Ngalah juga mempunyai histori yang panjang.

 Diawali pada tahun 1984 setelah manjing suluk (mendalami ilmu thoriqoh) pada KH. Munawir Kertosono, pengasuh sekaligus pendiri pondok yaitu KH. Moh. Sholeh Bahruddin mendapat amanah dari beliau (KH. Munawir) dan ayahnya (KH. Bahruddin Kalam) untuk mendirikan pondok pesantren. Inti dari amanah tersebut adalah KH. Moh. Sholeh Bahruddin diperintah mencari tempat untuk mendirikan pondok pesantren. Akhirnya pada akhir tahun 1984 KH. Moh. Sholeh Bahruddin berhasil menemukan tempat yang sesuai seperti apa yang diamanahkan oleh gurunya.

 Tepatnya pada hari Jumat Pahing bersamaan dengan pelaksanaan shalat jumat, Pondok Pesantren Ngalah diresmikan oleh KH. Bahruddin Kalam yang disaksikan oleh beberapa ulama, pemerintahan dan masyarakat sekitar. 

Ulama yang hadir pada saat itu diantaranya adalah KH. Munawir (Kertosono-Nganjuk-Jawa Timur), KH. Abu Amar (Pasrepan-Pasuruan-Jawa Timur), KH. Sirajuddin (Purwosari-Pasuruan-Jawa Timur) dan perwakilan ulama Sidogiri yang membawa pesan dari KH. Nawawi bahwa beliau sangat ridho dengan berdirinya pondok pesantren ini. Tidak hanya itu selang beberapa itu, KH. Ahmad Muthohar (Mranggen-Semarang-Jawa Tengah), pengarang beberapa kitab klasik sekaligus guru KH. Moh. Sholeh Bahruddin, datang ke bumi Ngalah dan juga memberikan restunya terhadap berdirinya Pondok Pesantren Ngalah.

ngalah dokumen
ngalah dokumen
Acara rutinan malam ganjil di bulan ramadhan di pondok pesantren ngalah di mulai dari jam 23.30 Wib dan berakhir jam 00.30 Wib, dengan urutan kegiatan : 

1.Membaca surat yasin
2. Pujian
3. Himbaun dari yaysan
4. Tausiah dari KH. Moh. Sholeh Bahruddin
5. Solat sunnah mutlaq

Daruttaqwa Dokumentasi
Daruttaqwa Dokumentasi
Malam ini di malam ke 25 Ramadhan jamaah yang hadir mencapai 25.000 orang, jamaah yang hadir terdiri dari santri pondok pesantren ngalah, masyarakat pasuruan dan beberapa masyarakat dari luar kota pasuruan.