Mohon tunggu...
Lisanawati Supriani
Lisanawati Supriani Mohon Tunggu... Penulis artikel Tembak Ikan Online Terbaik 2019

Namaku Lisanawati Supriani biasa di panggil Lisa, Salam kenal buat writerlainnya dan mohon bimbingnanya ya. ^_^

Selanjutnya

Tutup

Digital

Cara Daftar BPJS di Situs Online

25 Oktober 2019   19:42 Diperbarui: 25 Oktober 2019   19:41 75 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Daftar BPJS di Situs Online
Cara Daftar BPJS di Situs mpo Online | idntimes.com

Cara daftar BPJS dengan mudah

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) perusahaan asuransi yang diselenggarakan oleh pemerintah. Lebih dikenal masyarakat sebagai BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan BPJS. BPJS Kesehatan sebelumnya dikenal sebagai Askes. Pada saat itu, BPJS Ketenagakerjaan sebelumnya dikenal sebagai jaminan sosial tenaga kerja (jamsostek). BPJS memiliki banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Mendaftar untuk menjadi anggota BPJS juga sangat sederhana dan Anda dapat mendaftar secara online.

Berikut cara mendaftar ke BPJS Online:

Cara mudah daftar BPJS secara online

1. Pilih cara mendaftar
Anda harus terlebih dahulu menentukan metode pendaftaran. Jika Anda ingin menghemat waktu dan meminimalkan biaya operasi, Anda dapat mendaftar secara online. Registrasi online akan mengurangi waktu dan biaya Anda untuk mendaftar ke BPJS.

Ketika Anda masih membutuhkan banyak informasi tentang BPJS, akan lebih baik jika Anda mendaftar langsung atau pergi ke kantor BPJS terlebih dahulu
untuk mendapatkan informasi yang cukup.

2. Ketahui persyaratannya
Sebelum Anda mulai mendaftar BPJS online, Anda harus mengetahui persyaratan BPJS. Anggota BPJS Kesehatan sendiri dibagi menjadi dua kelompok utama, yaitu: kontributor atau PBI dan anggota independen atau bukan anggota PBI. Jika Anda anggota PBI, Anda tidak perlu mendaftar lagi, karena
pemerintah mendaftarkan Anda dan menyiapkan file yang Anda butuhkan. Untuk saat ini, peserta non- PBI harus mendaftar sendiri.

3. Kenali anggota BPJS
Ada berbagai cara untuk mendaftar untuk berbagai jenis peserta. Peserta di BPJS Kesehatan dibagimenjadi dua, yaitu: PBI dan Mandiri. Anggota PBI tidak perlu membayar biaya setiap bulan, dan semua dana berasal dari subsidi anggota lain dan bantuan pemerintah. Sementara anggota independen atau non mpo PBI membebankan biaya bulanan sesuai dengan kelas yang dipilih.

Anda dapat memilih kelas 1, kelas 2 atau kelas 3. Jumlah yang harus Anda bayarkan akan berbeda untuk setiap kelas. Peserta BPJS juga dibagi menjadi dua bagian: individu (di luar hubungan kerja) dan perusahaan (dalam hubungan kerja). Anggota perusahaan biasanya BPJS, yang dikelola secara kolektif oleh perusahaan tempat karyawan itu bekerja. Saat mendaftar di luar hubungan kerja, peserta biasanya membayar secara individual.

4. Siapkan file persyaratan
Ada beberapa file yang perlu Anda persiapkan untuk mengonfirmasi pendaftaran kesehatan BPJS Anda, termasuk KTP, kartu keluarga, ID pajak, dan email atau nomor ponsel. Jika Anda ingin daftar BPJS Ketenagakerjaan dalam hubungan kerja, maka Anda harus menyiapkan lisensi bisnis perdagangan baik asli maupun salinan, NPWP asli perusahaan dan salinannya, dokumen perusahaan perdagangan asli atau salinan, kartu penduduk dari setiap karyawan, kartu keluarga dan foto karyawan yang akan didaftarkan dalam ukuran 2 x 3. Mempersiapkan file di awal pendaftaran akan memudahkan Anda untuk mendaftarkan BPJS di Internet.

5. Buka halaman situs
Jika Anda telah menyiapkan file yang harus Anda daftarkan untuk BPJS online, maka langkah selanjutnya adalah memulai pendaftaran. Anda pasti perlu membuka situs BPJS. Buka halaman kesehatan bpjs jika Anda ingin mendaftar untuk kesehatan BPJS, atau kunjungi situs web bpjs kerja, jika Anda ingin mendaftar untuk pekerjaan BPJS.

6. Isi rinciannya
Kemudian isi data di situs dengan benar. Di BPJS, Anda akan diminta untuk memilih kelas, alamat lengkap, pilihan fasilitas medis tingkat I dan fasilitas gigi sebagai panduan. Warga negara asing juga dapat merasakan kesehatan BPJS, seperti yang Anda lihat di kotak dialog terakhir untuk orang asing yang ingin menggunakan BPJS.

7. Pilih setoran
Ada perbedaan nilai kontribusi antara kelas I, kelas II dan kelas III. Kisaran biaya yang harus Anda bayar adalah dari 25.500 hingga 59.500 ribu. Anda dapat memilih kelas tergantung pada kemampuan Anda membayar biaya atau memilih tergantung pada layanan apa yang ingin Anda terima. Faktanya, tidak ada perbedaan dalam layanan antara kelas I, kelas II dan kelas III. Baik kualitas penyembuhan dan perawatan pasien adalah sama untuk semua kelas. Perbedaan yang Anda dapatkan dalam layanan non-medis, seperti kamar tetap.

8. Simpan data
Jika Anda telah mengisi semua data dan memastikan tidak ada yang hilang, maka Anda perlu menyimpan data. Kemudian tunggu sampai BPJS mengirim email dengan nomor registrasi ke alamat email Anda. Setelah pemberitahuan, Anda harus segera mencetak lembar akun virtual.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x