Mohon tunggu...
Fikri Mustaqim
Fikri Mustaqim Mohon Tunggu... penulis magang

nulis aja terus

Selanjutnya

Tutup

Digital

Ingin Jadi Atlet E-Sport Profesional, Ini Caranya

25 Mei 2018   10:04 Diperbarui: 25 Mei 2018   10:11 0 0 0 Mohon Tunggu...

Menjadi seorang atlet e-sport di Indonesia sudah tidak bisa dipandang sebelah mata karena semakin banyaknya kompetisi game online ditingkat regional hingga nasional. Meskipun profesi sebagai atlet e-sport ataupun game online masih belum awam di telinga masyarakat, Asean Games 2018 di Indonesia menjadi momentum pertama e-sport menjadi cabang resmi yang dipertandingkan.

Indonesia e-Sports Association (IeSPA) yang dibentuk pada tahun 2014 lalu, menjadi perhatian khusus Pemerintah Indonesia kepada Para pemain dan atlet e-sport. Game online sekarang sudah dianggap sebuah cabang olahraga yang serius, bukan sekedar pertandingan game. Apalagi diprediksikan bahwa e-sport akan semakin berkembang untuk kedepannya.

Maka bagi kamu para gamers dan yang siap menjadi e-sport, sekaranglah waktunya karena hingga saat ini masih minim sekali jumlah atlet e-sport yang memiliki lisensi resmi. Ini dia tips untuk mulai serius menekuni game online bahkan hingga menjadi atlet e-sport.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memilih game apa yang akan kamu kuasai. Apakah kamu suka dengan MOBA, FPS, Fighting, Sports, atau yang lainnya. Langkah awal ini yang akan menjadi penentu seberapa besar kesempatanmu untuk masuk ke dalam dunia e-sport.

Untuk daftar lengkap game-game apa saja yang termasuk di dalam eSport kamu bisa cek di www.iespa.or.id . Harus diingat, untuk game free-to-play yang bisa dimainkan semua orang maka sainganmu akan semakin banyak daripada game berbayar seperti FIFA atau Call of Duty.

Jika kamu masih belum tergabung di team tertentu atau di komunitas tertentu, maka cara paling mudah untuk mengetahui pola bermain para pemain pro adalah menonton pertandingannya. Dengan kemudahan mencari siaran ulang ataupun live-streaming di Youtube dan Twitch.

Ketika kamu sudah mulai menguasai permainan, mulailah bergabung di komunitas-komunitas dari game tersebut. Kamu bisa mencari komunitas game tersebut di berbagai forum, mulai forum e-sport terbuka di reddit untuk kamu yang ingin gabung di komunitas Internasional, hingga forum milik IeSPA di Ligagame.

Dari sana kamu bisa berkenalan dengan berbagai orang dan kamu juga bisa sekalian bertanya tips dan trik, info terbaru, dan lain sebagainya. Disamping itu tidak ada salahnya kan memperbanyak kenalan.

Meskipun banyak yang bilang bahwa "Yang penting itu skill, bukan peralatannya" tapi bukan berarti bahwa membeli perlengkapan gaming itu hal yang remeh. Tapi posisikan perlengkapan yang kamu beli nantinya adalah pendukung dari permainmu.

Kamu tidak perlu membeli perlengkapan seperti mouse, keyboard, mousepad, dan headset yang terbaik dan termahal. Yang penting sesuaikan dengan kebutuhan dan nantinya akan mempermudah permainanmu. Carilah referensi terlebih dahulu sebelum membeli, apabila memungkinkan datangi toko dan coba dahulu perlengkapan yang akan kamu beli apakah sudah sesuai atau belum.

Ketika semua latihan telah kamu lakukan, kamu akan mendapat reputasi dari game yang kamu tekuni tersebut. Reputasi tersebut bisa berupa poin MMR di Dota 2, ataupun Ranking di dalam CS:GO. Coba carilah referensi kualifikasi apa saja yang dibutuhkan untuk debut profesional dari game yang kamu tekuni. Dari situ kamu kini bisa memulai langkah profesionalmu ke tingkat lebih lanjut dengan masuk ke dalam sebuah team.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN