Mohon tunggu...
Teknosia
Teknosia Mohon Tunggu... Blogger

Penulis di https://teknosia.net

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Manfaat dan Khasiat Telur Asin

31 Maret 2021   08:17 Diperbarui: 10 April 2021   11:48 163 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaat dan Khasiat Telur Asin
telur asin

Manfaat telur asin – Anda pasti sudah tak asing lagi dengan makanan yang satu ini yakni telur asin. Telur asin merupakan makanan yang berasal dari telur yang diawetkan dengan cara diasinkan. Telur yang biasa diasinkan adalah telur bebek tetapi telur telur yang lain seperti telur ayam juga bisa diasinkan. Telur yang sudah diasinkan biasanya bisa bertahan sampai 30 hari (satu bulan) kamu juga bisa baca juga manfaat wortel dan manfaat ubi ungu bagi tubuh. 

Telur asin identik dengan warna cangkang hijau kebiruan. Telur asin merupakan makanan yang bisa disebut praktis dan mudah didapatkan. Telur asin biasanya nikmat dimakan dengan nasi maupun tanpa nasi sekalipun. Telur asin yang berkualitas biasanya memiliki rasa asin dan apabila digigit tidak mengeluarkan cairan maupun bau amis dan rasa asin yang menyengat.

Biasanya telur asin banyak digunakan sebagai bekal para nelayan maupun orang bepergian jauh karena bisa tahan lama dan tidak mudah basi. Telur asin ternyata juga memiliki banyak kandungan nutrisi didalamnya. kandungan nutrisi dalam ikan asin memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan manusia. berikut adalah uraian sedikit mengenai manfaat telur asin bagi kesehatan. Tetapi sebelumnya simaklah terlebih dahulu mengenai kandungan gizi dan nutrisi pada telur asin.

Kandungan gizi pada telur asin
  Energi 195 kkal
  Protein 13,6 gram
  Lemak 13,6 gram
  Karbohidrat 1,4 gram
  Kalsium 120 mg
  Fosfor 157 mg
  Zat besi 2 mg
  Vitamin A 841 IU
  Vitamin B1 0,28 mg
  Mineral
  Vitamin D
  Vitamin E

Manfaat telur asin bagi kesehatan tubuh

Karena memiliki banyak kandungan nutrisi, telur asin dipercaya dapat berperan dalam dunia kesehatan. Berikut diantaranya.

1. Kaya kan protein
 Manfaat telur asin yang pertama adalah kaya akan kandungan protein. Kandungan protein yang dimiliki telur asin yakni sekitar 13.6 gram yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. protein dapat berperan sebagai pembentuk otot dan menjaga kebugaran tubuh manusia.

2. Pertumbuhan pertumbuhan sel baru
 Kandungan protein yang dimiliki telur asin ternyata juga mampu membantu untuk membentuk sel dan meregenerasi sel sel tubuh yang rusak dengan optimal. Hal ini sangat berpengaruh bagi kesehatan dan kebugaran tubuh manusia.

3. Meningkatkan fungsi dari sel darah merah
 Manfaat telur asin selanjutnya adalah mampu memproduksi dan memperkuat fungsi dari sel darah merah dalam tubuh. selain itu telur asin juga mampu meningkatkan sel darah merah yang berguna sebagai pencegah terjadinya pendarahan.

4. Menjaga kesehatan tulang
 Karena telur asin memiliki kandungan kalsium dan fosfor menjadikan telur ini dapat digunakan sebagai makanan untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu telur asin juga mencegah tulang supaya tetap kuat dan terhindar dari masalah tulang seperti osteoporosis. Manfaat telur asin bagi anak anak juga dianjurkan karena mampu membantu proses pembentukan tulang dan menjadikan tulang menjadi kuat.

5. Meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh manusia
 Telur asin memiliki kandungan selenium yang sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh manusia. karena ada kandungan selenium maka tubuh akan terhindar dari berbagai macam gangguan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

6. Mencegah penyakit anemia
 Manfaat telur asin juga memiliki kandungan zat besi yang juga memiliki manfaat bagi tubuh. kandungan zat besi mampu membuat tubuh terhindar dari penyakit anemia. Gejala anemia biasanya ditandai dengan tubuh lemas, kepala pusing, dan mual. Hal ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi telur asin supaya tubuh tidak terserang penyakit anemia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x