Mohon tunggu...
TehLalastea
TehLalastea Mohon Tunggu... Lajnah Batang

Belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

"GDD" Gerakan Donor Darah Rutin Jemaat Ahmadiyah Batang di Sigorek

14 Februari 2021   16:46 Diperbarui: 14 Februari 2021   17:15 43 2 0 Mohon Tunggu...

Batang- PMI dan Jamaah Ahmadiyah Indonesia (JAI) Cabang Batang telah mengadakan acara Gerakan Donor Darah  (GDD) di Masjid Mubarak Sigorek Jl. Limpung - Bawang  KM. 12 Desa Kumesu Kec. Reban Kab. Batang, Minggu (14/02/21)

Cuaca di pagi hari itu hujan dan berkabut, membuat para panitia merasa sedikit waswas dan khawatir acara akan terkendala. Namun seiring berjalannya waktu cuacapun berangsur angsur cerah sehingga kekhawatiran menghilang dan harapan datang.

Petugas PMI tiba dilokasi sesuai waktu yang dijadwalkan dan calon pendonorpun datang silih bergantian memenuhi lokasi donor darah. GDD kali ini selain diikuti oleh warga setempat (sigorek) juga diikuti beberapa orang  dari luar daerah seperti  Limpung dan Banyuputih . Mereka bercerita mendapatkan info dari temannya yang mengirimkan berita melalui media sosial.  

Donor darah adalah kegiatan yang positif dan perbuatan yang sangat mulia. Meskipun acara dilaksanakan di musim Pandemi seperti sekarang ini, antusias para pendonor akan  rasa kepedulian mereka terhadap pentingnya acara ini guna untuk menolong sesama begitu terasa. Acara yang di selenggarakan dipastikan  mematuhi protokol kesehatan, panitia menyediakan hand sanitizer dan peserta donorpun  datang dengan menggunakan masker.

Sebelum melakukan donor peserta mengikuti tahapan-tahapan pemeriksaan. Setelah mengisi  pendaftaran dan mengisi kuisioner kesehatan, peserta melakukan pengukuran berat badan, pemeriksaan hemoglobin darah, pemeriksaan golongan darah bagi pendonor pemula dan pemeriksaan tekanan darah, setelah itu baru kemudian dilakukan pengambilan darah. Pendonor dianjurkan untuk istirahat dan menikmati kudapan yang sudah disediakan oleh panitia setelah pengambilan darah.

Kegiatan donor darah ini banyak manfaatnya karena bisa  menolong mereka   yang sedang membutuhkan darah dalam situasi mendesak. Karena seringkali saat kondisi pasien kritis, pihak PMI atau Rumah sakit tidak memiliki stok darah yang cukup.

Selain itu dilansir dari  utdpmidkijakarta pendonor juga mendapatkan banyak manfaat dengan mendonorkan darahnya. Ya bila seseorang mendonorkan darahnya tubuhnya akan menggantikan volume darah dalam waktu 48 jam setelah donor dan semua sel darah merah yang hilang akan benar benar diganti dalam waktu empat sampai delapan minggu dengan sel sel darah merah yang baru. Proses pembentukan sel sel darah merah yang baru akan  membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien dan produktif.

Alhamdulillah acara berjalan lancar sampai selesai. Dari 28 peserta tercatat 27 pendonor berhasil mendonorkan darahnya. Semoga di GDD yang akan datang lebih banyak lagi yang bisa ikut berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan seperti Donor Darah ini.

Referensi: utdpmidkijakarta.or.id

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x