Mohon tunggu...
teguh wiyono
teguh wiyono Mohon Tunggu... guru SMAN 1 Losari dan hypnotherapist

Guru SMA lulusan Bahasa dan Sastra Jawa UNS sebelas maret surakarta. Seorang abdi dalem Kraton Surakarta berpangkat Bupati Anom. Bergelar Raden Tumenggung Wiyono Hadipuro.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

"Hypnoparenting" Penting dalam Mengasuh Anak

6 April 2020   15:13 Diperbarui: 6 April 2020   15:20 29 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Hypnoparenting" Penting dalam Mengasuh Anak
dok.hallosehat

Pernahkah anda mengamati perilaku anak anda? Semua yang dilakukan oleh anak adalah cerminan dari bagaimana cara anda mendidiknya. Apabila didapati anak yang bermasalah dalam perilakunya berarti terdapat kesalahan juga tentang bagaimana anda mendidiknya. Anak yang bermasalah berarti orang tuanya bermasalah.

Mendidik anak diperlukan pemahaman yang benar tentang psikologi anak. Memang tidak ada pendidikan formal yang mengajarkan cara mendidik anak di rumah. Namun begitu orang tua mempunyai pengalaman yang baik tentang perilaku anak, dari mulai lahir sampai dewasa. Ini yang dijadikan pedoman untuk membimbingnya.

Hanya menggunakan pengalaman saja tidaklah cekup, orang tua juga perlu mendalami karakteristik anak. Metode dalam mendidik anak sebenarnya banyak sekali. Salah satu dari sekian banyak metode tersebut adalah hypnoparenting.

Pengertian hypnoparenting 

Hypnoparenting adalah metode mendidik atau mengasuh anak dengan menggunakan pendekatan hipnosis. Jadi orang tua dalam mengasuh anak menggunakan bahasa hipnosis. Memasukkan sugesti tertentu yang dikehendaki orang tua kedalam pikiran bawah sadar anak. Diharapkan agar sugesti tersebut tertanam dengan kuat sehingga si anak akan terkontrol dengan baik. 

Sugesti yang diberikan orang tua juga tidak sembarangan, disesuaikan dengan  kebutuhan anak dan perkembangan psikologis yang dialaminya. 

Kalimat yang diberikan sebagai sugesti harus kalimat yang baik, merupakan kalimat positif, dan mempunyai waktu sekarang.

Hypnoparenting mengatasi problem anak

Hypnoparenting digunakan juga untuk mengatasi permasalahan dan juga meluruskan persepsi yang keliru dalam pemikiran anak. 

Sebenarnya dalam usia anak-anak pikiran cenderung terbuka dan lebih mudah menerima sugesti apapun yang masuk, sehingga apapun perkataan orang tuanya akan direkam dalam pikirannya. 

Banyak permasalahan dalam diri anak yang bisa anda selesaikan dengan memberinya sugesti secara berulang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN