Mohon tunggu...
teguh wiyono
teguh wiyono Mohon Tunggu... guru SMAN 1 Losari dan hypnotherapist

Guru SMA lulusan Bahasa dan Sastra Jawa UNS sebelas maret surakarta. Seorang abdi dalem Kraton Surakarta berpangkat Bupati Anom. Bergelar Raden Tumenggung Wiyono Hadipuro.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Yuk Kita Sensus Penduduk Online

2 Maret 2020   12:00 Diperbarui: 2 Maret 2020   12:26 60 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk Kita Sensus Penduduk Online
dok.pribadi

Di era digital seperti sekarang ini, tidak mustahil semuanya serba otomatis menggunakan alat-alat canggih. Semuanya dilakukan tanpa kita bergeming dan beranjak dari tempat kita. Kita cukup melakukannya sambil duduk santai dan minum kopi. Salah satu teknologi canggih yang lekat dengan kita adalah smartphone android, segala fiturnya terus berkembang selaras dengan perputaran zaman. Tak ayal penjualan smartphone ini laris seperti kacang goreng. Hampir semua orang di Indonesia memiliki smartphone. Begitu pula yang terjadi di tempat kerja penulis yang seorang guru di SMAN 1 Losari, hampir semua siswa mempunyai smartphone dan mahir menggunakannya.

Seperti yang terjadi hari ini Senin tanggal 2 Maret 2020 bertempat di SMAN 1 Losari bekerjasama dengan BPS Kabupaten Brebes mengadakan panduan sensus penduduk online semua guru karyawan dan siswa. Hal disambut gembira oleh siswa-siswi karena merupakan pengalaman baru bagi mereka. Beberapa siswa mengaku senang dengan kegiatan ini karena sangat membantu mereka. 

Dalam pembukaan acara Ibu Ella selaku koordinator mengatakan bahwa ini merupakan literasi masyarakat terhadap penggunaan teknologi informasi yang semakin baik. Sensus online menumbuhkan kesadaran masyarakat akan arti penting data yang dimulai dari informasi pribadi. Beliau menambahkan Indonesia sudah melakukan enam kali sensus penduduk, pertama tahun 1961 dan terahir tahun 2010. 

Tapi untuk sensus kali ini kita mengadakannya secara online, karena kita mengikuti era kekinian dengan memanfaatkan teknologi digital. Mengajak partisipasii kaum milenial untuk mengikuti sensus penduduk online. Kami percaya Bapak Ibu guru dan siswa mahir menggunakan teknologi digital. Sensus ini dilaksanakan dari tanggal 15 Februari sampai 31 Maret  2020. Harapannya nanti Bapak Ibu guru dan siswa bisa ikut mensosialisasikan ke masyarakat.

Langkah-langkah melakukan sensus online adalah sebagai berikut : 

1. Masuk ke situs sensus.bps.go.id

2. Memasukkan nomor NIK dan KK

3. Klik kotsk kosong captcha dan mengisinya

4. Klik keberadaan

5. Jika anda baru pertama kali masuk, maka buatlah kata sandi dan keamanan

6. Klik buat password

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN