Mohon tunggu...
Teguh Nugroho
Teguh Nugroho Mohon Tunggu... Social Media Project Manager - Anak laki-laki yang suka kopi, pergi-pergi, dan kereta api

Second account, akun pertamanya udah lupa email saking terlalu lama nggak aktif. Kalo mau kenalan, silakan terbang ke blog thetravelearn.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Membuat Video Instagram Reels dan Youtube Mudah untuk Pemula

7 Juli 2022   11:09 Diperbarui: 7 Juli 2022   12:37 144 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Internet terus membawa perubahan di dalam kehidupan kita sehari-hari, contohnya bisa kita lihat dengan cara kita membagikan konten di media sosial. Satu tahun yang lalu rasanya konten-konten berupa foto estetik masih "laku", sekarangkonten video yang berjaya. Kita sebagai content creator tentu harus siap dengan tren ini.

Algoritma Instagram pun sedang meng-highlight konten-konten video di Reels, membuat konten-konten foto performanya terjun bebas! Brand-brand endorse juga mulai beralih ke bentuk konten ini. 

Masalah terjadi ketika, ternyata, nggak semua content creator bisa (atau senang) mengedit video, khususnya video-video estetik (bukan video joged pargoy yang tinggal record, hehe). Jangan sedih, kamu nggak sendiri, saya pun begitu. Tapi syukurnya, ada beberapa cara yang bisa kita coba, cukup dengan modal smartphone.

Buat Video Diam

Nggak usah pusing-pusing mikirin bagaimana merekam video tanpa goyah sementara kita harus bergerak. Cukup arahkan kamera pada objek yang ingin kamu rekam, lalu diem aja selama beberapa detik. Kalau kamu agak kesulitan untuk diam dengan stabil, cari benda datar dan sangga siku atau pergelangan tanganmu di atasnya. Syukur-syukur kalau ada tripod. 

Nah, tinggal tentukan mau buat video dengan 1 scene atau kolase beberapa scene dalam 1 video. Hasilnya tinggal di-import ke aplikasi video editor, cut-cut seperlunya, beri teks secukupnya. Musik bisa ditambahkan dari aplikasi atau dari media sosial bawaan.

Pastikan masih ada kuota dan koneksi stabil agar tidak terkendala memilih backsound dan saat uploading. IndiHome dari Telkom Indonesia saya rekomendasikan sebagai penyedia layanan internet rumah, jaringannya luas hingga ke daerah-daerah luar Jabodetabek.

Gerakkan Seperlunya

Selain video diam, kamu juga bisa menggerakkan badanmu seperlunya untuk merekam video. Contohnya dari kiri ke kanan, atas ke bawah, zoom in atau zoom out, atau melengkung 180 derajat. Gerakkan dengan perlahan, bisa manfaatkan benda datar sebagai alas lalu bayangkan ada "rel tak terlihat" yang menjadi panduan smartphone-mu bergerak.

Gabungkan sebagai kolase, tambahkan musik yang menenangkan, dan jadilah video estetik sederhana! Yah meski belum setara dengan para content creator handal, tapi nggak malu-maluin buat di-upload di Instagram atau Youtube.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan