Mohon tunggu...
Teguh Wiyono
Teguh Wiyono Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Berkarya untuk Sesama, Mengabdi untuk Negeri

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Huruf "R" yang Hilang

28 Januari 2023   20:38 Diperbarui: 1 Februari 2023   08:19 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Hari ini, tepat selepas sholat ashar, saya dihampiri oleh anak ke2 saya, nampak wajahnya begitu bahagia. Tanpa bicara sambil menunduk malu, dia mempraktikan melafadz huruf R. Saya dan isteri terkejut sekali saat dia bisa menyebutkannya

Yach..huruf R, anak kedua saya selama 15 tahun, sekarang duduk dikelas.8 (SMP) belum bisa mengucapkan huruf R. Dan tentu ini mengganggu dalam berkomunikasi dengan temannya, menyampaikan pesan kepada orang lain. Terkadang pesan yang disampaikan menjadi kurang jelas. 

Dilihat dari anatomi lidahnya tidak ada yang berbeda dengan bentuk lidah secara umum. Namun setiap mencoba tidak bisa mengeluarkan huruf yang satu itu.

Saya sebagai orang tuanya tidak tahu perasaannya seperti apa, saat dia tidak bisa mengucapkn huruf R itu, walaupun secara kasat mata dan jika ditanya, anak saya tidak terlalu menghiraukannya. Terkesan biasa saja, tidak nampak dia minder atau kurang percaya diri.

Tapi dengan "Kejutan" yang diberikan Allah s.wt hari ini, tentu membuat saya bersyukur. Huruf R yang hilang itu telah dikembalikan dalam hidup anak saya.

Tentu ini akan menambah kepercayaan diri anaknya yang akan tumbuh dewasa. Mudah mudahan dengan bisa mengucapkan huruf R itu anak saya. Semakin hebat dan semakin percaya diri dan berkembang sesuai kodratnya sebagai anak anak pada umumnya. Terima kasih Ya Allah atas karuniaMu, Engkau telah kembalikan huruf R kedalam.hidup anakku.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun